Jum'at, 26/04/2024 03:02 WIB

Ed Sheeran Digugat Pelanggaran Hak Cipta Lagu

Harryton dan Leonard bersama HaloSongs perusahaan lagu mereka menuduh bahwa lagu Photograph mirip lagu yang ditulis 2009 silam. Lagu itu juga pernah direkam dan dirilis

Ed Sheeren

Halifax – Edward Christopher Sheeran, yang dikenal dengan nama Ed Sheeran digugat atas pelanggaran hak cipta sebuah lagu. Musisi Harrington dan Thomas Leonard menuntut Sheeran membayar 20 juta Dollar, atau setara dengan Rp265 Miliar karena dianggap telah meniru karya mereka.

Harryton dan Leonard bersama HaloSongs perusahaan lagu mereka menuduh bahwa lagu Photograph mirip lagu yang ditulis 2009 silam. Lagu itu juga pernah direkam dan dirilis sebagai single oleh, Matt Cardie, pemenang X Factor 2010 lalu.

Dokumen gugatan tersebut telah diajukan ke pengadilan federal California pada Jumat (7/4). Namun menurut Sky News berkas itu ditolak oleh pengadilan karena hanya berasaskan prasangka dan belum ada bukti untuk memastikan penyanyi asal Inggris itu melakukan pelanggaran hak cipta.

Sebelumnya, Ed Sheeran juga mendapat gugatan atas kasus yang sama dari Marvin Gaye untuk lagu “Thinking Out Loud”. Lagu tersebut diduga hasil kopian dari karya Marvin berjudul Let’s Get it On, sebuah lagu klasik tahun 1997. Pada kasus ini penyanyi bergenre Pop itu dituntut denda 4,8 Juta Euro, setara dengan Rp68 Miliar.

KEYWORD :

Ed Sheeran Photograph Gugatan Lagu Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :