Kamis, 25/04/2024 23:09 WIB

Pabrik Semen dari Pati Sampai Tuban

Di kawasan pantura itu, dari Kabupaten Pati hingga Kabupaten Tuban, sebenarnya masih ada pabrik semen lagi yang bakal dan sudah beroperasi.

Pabrik semen di Rembang

Pabrik semen milik PT Semen Indonesia (SI) yang penambangannya direncanakan di kawasan pegunungan Kendeng itu memiliki luas area tambang 405 hektar. Pabrik tersebut disebut memiliki nilai investasi mencapai 4,45 triliun. Pembangunan dan area tambang pabrik semen itu hingga sekarang masih berpolemik, membelah warga menjadi pro dan kontra.

Di kawasan pantura itu, dari Kabupaten Pati hingga Kabupaten Tuban, sebenarnya masih ada pabrik semen lagi yang sudah mulai beroperasi dan bakal pabrik yang dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017 ini. Berikut pabrik semen yang ada di sekitar Kabupaten Rembang;

Kabupaten Tuban
Di Kecamatan Merakurak, PT Holcim Indonesia Tbk memiliki dua pabrik semen yang total luasnya 579 hektare dengan kapasitas produksi 3,4 juta ton per tahun. Investasi perusahaan yang sebelumnya bernama PT Semen Cibinong untuk pabrik semen itu mencapai 12,1 triliun. Kepemilikan Holcim Indonesia masyoritas dimiliki oleh LafargeHolcim Group sebesar 80,65% saham. Perusahaan ini pertamakali berdiri di Swiss pada tahun 1912 yang sekarang telah menjadi perusahaan global.

Di Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Kerek, PTSI memiliki empat pabrik semen yang sudah beroperasi. Di Tuban ini, perusahaan Semen Indonesia (dulu Semen Gresik) memiliki kapasitas terpasang enam juta ton semen per tahun.

Masih di Kecamatan Merakurak, PT Abadi Cement mulai mengurus perijinan yang telah dilakukan sejak dua tahun lalu. Lokasinya berada di Desa Sugihan dengan luas 98,8 hektare ditargetkan akan memroduksi semen atau klinker 4 juta ton per tahun per satu jalur produksi. PT Abadi Cement ini merupakan anak perusahaan dari Prosperity Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan global dari Hong Kong. Ini adalah pabrik semen kedua setelah di Kalimantan Selatan. Di Tuban, menurut jakartaglobe, Prosperity menanamkan investasi sebesar 400 juta dollar AS.

Satu pemain lagi di Tuban adalah PT Unimine Indonesia. Rencananya, pabrik semen perusahaan ini berlokasi di Desa Merkawang Kecamatan Tambakboyo dan di Desa Wolu Tengah, Kecamatan Kerek, Tuban bagian barat. Sama dengan Abadi Cement, PT Unimine Indonesia telah mengajukan perijinan pendirian pabrik sejak dua tahun lalu. Menurut Bambang Soedono, yang tahun lalu menjabat Plt Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban menjelaskan bahwa Unimine adalah perusahaan yang sahamnya adalah milik BUMN. Sebagaimana laporan bloktuban, dirinya tidak tahu persis berapa prosentase kepemilikan saham BUMN di perusahaan baru itu. Unimine diproyeksikan memroduksi sekira 500 sampai 600 ribu ton semen per tahun.

Kabupaten Rembang
Di kecamatan Gunem, Rembang, sudah berdiri pabrik Semen Gresik. Pabrik ini dimiliki oleh PT Semen Indonesia itu urung beroperasi hingga hari ini. Penolakan yang dilakukan warga Pati dan sekitar pegunungan kendeng. Lokasi pabrik milik perusahaan plat merah itu diproyeksikan memroduksi dengan kapasitas tiga juta ton per tahun. Dilansir detik, pabrik yang beroperasi mulai Januari lalu itu sekarang berhenti. Sekarang tersisa 800 pekerja dari 6000 pekerja karena tidak ada kegiatan produksi. Penolakan warga atas beroperasinya pabrik semen tersebut masih berlangsung hingga sekarang. Disinyalir, berdirinya pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng itu berdampak terhadap cadangan air tanah yang terdapat di gunung Kendeng.

Kabupaten Pati
Di Kecamatan Kayen dan Tambakromo, PT Sahabat Mulya Sejati (SMS) telah mendapat izin pendirian pabrik semen. Anak perusahaan dari PT Indocement Tunggal Prakarsa itu awalnya juga mendapat penolakan dari warga setempat. Warga khawatir aktivitas penambangan mengganggu kawasan bentang alam karst Sukolilo. Namun, PTSMS memenangi gugatan pada 1 Juli 2016 lalu. Hingga sekarang, pabrik semen yang memiliki luas lahan 2.780 hektare ini diproyeksikan memroduksi 4,4 juta ton per tahun. Luas penambangan untuk batu gamping 2000 ha, tanah liat 600 ha dan luas pabrik sendiri 180 ha. Investasi yang digelontorkan untuk pabrik semen di Pati ini sekira tujuh hingga delapan triliun.

Sebenarnya, di Kabupaten Blora, pemerintah setempat juga pernah menawarkan kepada PT Semen Padang untuk melakukan investasi dan pendirian pabrik semen pada tahun 2016 lalu. Melalui laman milik pemerintah Blora, disebutkan bahwa Bupati Blora Ihwan Sudrajat pernah menawarkan prospek investasi ke jajaran direksi PT Semen Padang.

"Blora punya bahan baku untuk pabrik semen yang berlimpah. Punya bahan bakar, tenaga kerja yang banyak, upah minimum kabupaten (UMK) yang masih rendah serta infrastruktur jalan yang cukup baik,” kata Ihwan Sudrajat, pada Januari tahun lalu seperti dikutip dari situs pemberitaan PT. Semen Padang. Terkait penawaran tersebut, Semen Padang akan mengkaji terlebih dahulu.[]

KEYWORD :

pabrik semen gunung kendeng hasil klhs




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :