Jum'at, 26/04/2024 02:02 WIB

Ingin Meningkatkan Daya Ingat? Ikuti Langkah Ini

Daya ingat merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, karena kehilangan daya ingat akan menimbulkan masalah dalam hidup.

Ilustrasi

Jakarta - Daya ingat merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, karena kehilangan daya ingat akan menimbulkan masalah dalam hidup. Jika memori Anda tidak sekuat seperti yang Anda inginkan, maka Anda akan bertanya-tanya mengenai cara yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat Anda, seperti melatih ingatan dengan mencoba menghafalkan sesuatu.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut guna meningkatkan daya ingat Anda, seperti yang dilansir pada Life Hack sebagai berikut;

Tidur Yang Teratur
Dengan tidur yang teratur akan membuat Anda dapat meningkatkan daya ingat Anda. Hal ini karena jika Anda tidak memiliki tidur yang cukup dalam kesibukan yang Anda jalani dapat berpengaruh negatif terhadap kognisi Anda. Dan ini akan mengganggu daya ingat Anda.

Bekerja di Luar Ruangan
Bekerja di luar ruangan merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan aliran darah Anda dan darah tersebut membawa oksigen dan nutrisi yang sangat baik untuk Anda. Beda halnya orang-orang setiap harinya bekerja di ruang tertutup cenderung akan menurun daya ingatnya.

Istirahatkan Otak Anda
Terkadang ketika seseorang belajar tentang sesuatu yang baru, maka ia akan membaca buku untuk beberapa jam bahkan bisa sampai seharian. Hal ini kurang baik untuk kesehatan otak Anda, karena otak Anda akan bekerja terus tanpa istirahat, dan ini akan mengganggu kognisi Anda. Oleh karena itu, diperlukan untuk mengistirahatkan otak Anda untuk sejenak, sebelum Anda memulai untuk belajar kembali.

Lakukan Permainan Otak
Salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat yaitu dengan melakukan permainan otak, seperti menyusun puzzle, bermain catur, atau Anda bisa mencoba menghafal kata-kata yang banyak dalam waktu singkat.

Makan Makanan yang Sehat
Makanan juga merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi meningkat tidaknya daya ingat. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat baik untuk perkembangan kognisi Anda, sehingga daya ingat Anda akan meningkat, begitupun sebaliknya.

Meditasi
Melakukan meditasi minimal sepuluh menit setiap harinya akan membantu Anda menyegarkan otak Anda dan juga melatih Anda untuk fokus dan rilex. Karena bagaimana pun otak Anda membutuhkan penyegaran setiap harinya. 

KEYWORD :

Daya ingat Gaya Hidup Amnesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :