Rabu, 24/04/2024 13:58 WIB

Kunjungan Raja Salman Punya Multidimensi

Kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia memiliki arti multidimensi.

Kunjungan Raja Salman di Indonesia

Jakarta - Kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia memiliki arti multi dimensi. Dimana, kunjungan strategis ini ditengah perubahan yang melanda dunia, sekaligus tercatat dalam sejarah sebagai kunjungan seorang kepala negara dengan delegasi terbesar yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira mengatakan, dari aspek ekonomi kunjungan ini diikuti oleh delegasi pemerintah 10 menteri dan pangeran-pangeran yang mempunyai otoritas penting dalam kerjasama ekonomi dan investasi.

"Rencana investasi puluhan milyar US dollar kiranya akan mempererat hubungan kerjasama ekonomi kedua negara," kata Andreas, Jakarta, Senin (27/2).

Dari aspek politik, kata Andreas, kunjungan ini mempunyai nilai strategis, mengingat Arab Saudi adalah middle power di Timteng, sebagaimana halnya Indonesia di Asia Tenggara.

"Kerjasama dan peningkatan hubungan bilateral antar kedua negara akan menjadi faktor yang menentukan stabilitas di kedua kawasan," terangnya.

Sedangkan dari aspek agama dan budaya, lanjut Andreas, kerjasama yang erat antar kedua negara akan meningkatkan kualitas kehidupan agama dan peradaban muslim didunia.

Hal itu mengingat, Arab Saudi sebagai pusat peradaban muslim dunia dan Indonesia sebagai negara demokrasi Pancasila dengan populasi muslim terbesar di dunia.

"Membangun kerjasama di bidang agama dan kebudayaan diharapkan tentu akan menghasilkan pemahaman yang sama antar kedua negara yang tentunya akan menjadi barometer bagi perdamaian dunia, khususnya masyarakat muslim dunia," tegasnya.

KEYWORD :

Raja Salman ke Indonesia Kunjungan Raja Salman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :