Jum'at, 19/04/2024 19:03 WIB

Permintaan Raja Salman, Dari Ruang Singgah dan Toilet Masjid Istiqlal

Toilet duduk khusus itu ditinggikan sekitar 12 sentimeter dari ukuran pada umumnya. Jadi kisaran menjadi tingginya 55 sentimeter.

Masjid Istiqlal, Jakarta

Jakarta - Kesiapan kedatangan Raja Arab Saudi,  Salman bin Abdulaziz Al-saud tidak cuma istana negara, bandara, dan lainnya. Masjid Istiqlal pun sudah berbenah, dari ruang pertemuan hingga toilet untuk kebutuhan raja.

Apa saja yang disiapkan? Ruang meeting di ruangan Al Malik sudah dipercantik untuk singgah sang raja. Di situ ada sekitar tujuh kursi berwarna hitam yang bisa diduduki 14 orang. Ruangan meeting itu bersebelah dengan kamar singgah.

Saat Raja Arab nanti ingin melihat-lihat masjid, ada lift khusus untuk mengajak Raja Salman bersafari turun naik di masjid terbesar di Asia Tenggara dan Asia Timur itu. Nantinya, Raja Arab itu bisa naik ke lantai utara. Jangan takut, liftnya aman dan dilengkapi kamera pengintai.

Nah, kalau soal toilet. Karena sang Raja negara minyak ini juga disulap menjadi moncer. Bukan cuma suasananya, tapi ketinggian toilet juga sudah diatur sedemikian rupa yang disesuaikan dengan tinggi Raja Salman.

Toilet duduk khusus itu ditinggikan sekitar 12 sentimeter dari ukuran pada umumnya. Jadi kisaran menjadi tingginya 55 sentimeter. Di kanan kirinya toilet itu, ada pegangan berbahan alumunium untuk mempermudah sang Raja jongkok dan berdiri. Nah, pegangan ini juga ditinggikan sekitar 5 sentimeter dari kloset.

Kayaknya kamar mandi khusus Raja Salman ini, berbeda dengan biasanya. Di situ lantainya dilapisi karpet tebal yang sesuai dengan permintaannya agar tidak terpeleset. Juga ada kebutuhan mandi khusus yang disesuaikan permintaan protokoler.

KEYWORD :

Raja Salman Arab Saudi Masjid Istiqlal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :