Jum'at, 19/04/2024 18:54 WIB

Mobil

Mengintip Jeroan Chevrolet Colorado Duramax

Persaingan kendaraan di segmen pick-up saat ini terbilang cukup sengit, mengingat kondisi sektor perkebunan dan pertambangan di Indonesia masih sangat menggiurkan.

Chevrolet Colorado Duramax Turbodiesel / Autoweek

Jakarta - Persaingan kendaraan di segmen pick-up saat ini terbilang cukup sengit, terlebih mengingat kondisi sektor perkebunan dan pertambangan di Indonesia masih sangat menggiurkan.

Salah satu merek asal Amerika Serikat yang turut meramaikan pasar ini adalah Chevrolet Colorado. Meski berada di tengah gempuran merek Jepang, seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Isuzu D-Max, dan Mazda BT-50, keberadaan Chevrolet Colorado patut diperhitungan.

Pick-up yang diproduksi di negara Thailand ini disebar ke sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia dan Australia. Pabrikan General Motors membekali mesin Chevrolet Colorado dengan mesin anyar Duramax 4 silinder 2.8-liter turbocharged. Yang menarik, meskipun tenaga yang diusung sebesar 181 Hp, atau lebih kecil dibandingkan 200 Hp yang disemburkan mesin bensin 2.5-liter, tapi untuk torsinya Chevrolet Colorado yang sebesar 369 pound-feet diklaim lebih unggul.

Chevrolet Colorado bermesin diesel ditawarkan dengan transmisi matik enam percepatan. Girboks ini disebutkan mampu melakukan pemindahan gigi dengan lembut dan cepat, sehingga tenaga maksimal mesin dapat dengan mudah tercapai.

Bobot untuk Colorado diesel adalah 136 kg lebih berat ketimbang varian mesin bensin V6. Hal ini dikarenakan mesin Duramax menggunakan blok mesin berbahan baja dan juga adanya urea-injection system untuk meminimalkan emisi gas buang agar sesuai dengan standar AS.

Bicara performa,menurut hasil pengujian tim Caranddriver, torsi besar mesin Duramax sudah terasa pada 3.000 rpm. Chevrolet Colorado mesin diesel dapat menempuh kecepatan dari posisi diam hingga 100 km/jam, hanya dengan waktu 9,2 detik.

Chevrolet Colorado diesel diklaim dapat menarik beban (derek) maksimum seberat 7.700. Mesin Duramax juga ditambahkan trailer-brake controller dan exhaust brake.

Selain itu yang membedakan Colorado model baru dengan model lawas terletak pada bentuk fender dan moncong knalpot yang mirip bazooka. Kabin Colorado diesel anyar ini juga lebih kedap suara ketimbang model lama berkat penambahan peredam suara.

Walaupun suspensi depan yang disematkan mobil ini lebih keras ketimbang versi sebelumnya, namun kualitas pengendaliannya diklaim tetap nyaman dan responsif.

Untuk harganya, di Amerika sendiri Chevrolet Duramax lebih mahal US$3.905 dibandingkan dengan versi standar bermesin bensin. [yog]

KEYWORD :

GMI General Motors Harga Mobil Chevrolet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :