Jum'at, 19/04/2024 17:02 WIB

Ingin Belajar ke Amerika? Ini Rahasianya

Sudah umum banyak pelajar mengidam-idamkan belajar di negara ini, untuk menggali wawasan yang lebih luas, dan membuka mata lebih lebar di atas dunia.

Ilustrasi belajar di Amerika (foto: NY Daily)

Jakarta – Mungkin kamu pernah berpikir atau membayangkan bagaimana rasanya belajar di luar negeri. Lalu, impian itu terkubur sia-sia, bahkan sebelum kamu mencobanya. Kendalanya? Sudah pasti biaya mahal yang harus dikeluarkan untuk hidup di negeri orang.

Salah satu tujuan studi di luar negeri ada Negeri Paman Sam atau Amerika. Negara ini selalu menarik perhatian banyak mata di dunia. Mulai dari perkembangan fashion hingga penelitian luar angkasa ada di sini. Tak disangkal lagi, banyak pelajar mengidam-idamkan belajar di negara ini, untuk menggali wawasan yang lebih luas, dan membuka mata lebih lebar di atas dunia.

Kamu seharusnya jangan berkecil hati. Biaya bukan satu-satunya yang harus kamu pikirkan jika ingin belajar di Amerika. Sudah banyak beasiswa yang tersedia untuk menuntut ilmu di Amerika tanpa biaya alias gratis. Kalau beasiswa sudah didapat, tugasmu hanya belajar dan belajar untuk meraih cita-citamu.

Nah, untuk mendapatkan beasiswa tentu tidak mudah kawan. Karena tidak mudah, juga bukan tidak mungkin untuk didapatkan. Berikut ini tips mendapatkan beasiswa ke Amerika, yang diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Alumni Penerima Beasiswa Amerika – Indonesia (ALPHA-I), Wisnu Trianggono kepada Jurnas.com, Jumat (24/2).

Pertama, hal yang harus kamu perhatikan adalah kemampuan Bahasa Inggrismu. Beberapa beasiswa ke Amerika seperti USAID, misalnya, mensyarakatkan keterampilan berbahasa kamu dengan nilai TOEFL  yang bagus. Tak hanya itu, Bahasa Inggrismu juga akan menunjang proses studimu di Amerika nanti. Jadi, cobalah mulai sekarang datangi tempat kursus atau buka-buka lagi buku lamamu.

Kedua, tidak hanya bahasa, kemampuan akademik jangan sampai dilupakan. Sebelum memutuskan untuk belajar ke Amerika, kamu harus tau jurusan atau program studi apa yang hendak kamu ambil di sana. Tingkatkan lagi kemampuan dasarmu tentang ilmu yang akan kamu ambil tersebut, agar lolos seleksi, baik dari kampus yang bersangkutan atau beasiswa yang kamu ikuti. Rahasianya, cobalah pilih jurusan atau prodi yang spesifik dan menarik. Ini akan meningkatkan peluangmu.

“Tidak hanya jiwa kompetisi untuk meningkatkan nilai akademis, kita juga harus punya sesuatu yang unik untuk menarik perhatian pihak-pihak pemberi beasiswa atau kampus yang dipilih,” kata Wisnu.

Ketiga, kamu harus menyiapkan mental baja. Jangan lekas putus asa jika kamu belum beruntung lolos beasiswa. Coba dan coba lagi. Tentu, dengan meningkatkan kembali kemampuanmu. Pembukaan beasiswa selalu ada sepanjang tahun, sekarang tugasmu adalah menyiapkan mental yang baik, untuk merebut kesempatan itu.

Jadi, bagaimana? Tertarik menimba ilmu di Amerika?

KEYWORD :

Tips Belajar di Amerika Beasiswa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :