Jum'at, 19/04/2024 16:15 WIB

Internasional

Operasi Benteng Terakhir ISIS, Tentara Irak Targetkan Bandara Mosul

Pasukan militer Irak kembali melancarkan operasi terhadap sisa kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) yang masih mendiami Mosul.

Tentara Irak bergerak di sekitar Bandara Mosul (foto: Sky)

Mosul – Pasukan militer Irak kembali melancarkan operasi terhadap sisa kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) yang masih mendiami Mosul. Kali ini, pasukan mentargetkan perebutan Bandara Mosul dan pangkalan militer yang berada di dekat kawasan yang dikuasai ISIS.

Dilaporkan dari Sky pada Kamis (23/2), jet tempur dan pesawat tanpa awak dikerahkan untuk merebut kembali fasilitas-fasilitas negara dari tangan kelompok teror. Bahkan pasukan militer khusus dan polisi Irak bergerak dalam satu komando mendekati bandara yang masih berada di bawah kekuasaan para pemberontak.

Sejak operasi dimulai pada Minggu 19 Februari lalu, tentara pemerintah masih kesulitan menembus Mosul Barat yang merupakan benteng terakhir ISIS di Irak. Hal ini disebabkan kondisi jalan-jalan yang terlalu sempit dan terpaksa menerapkan strategi pertempuran jarak dekat.

Pertimbangan lainnya adalah 750.000 warga sipil yang masih terjebak di Mosul barat. Kelompok ISIS kerap kali menggunakan warga sebagai tawanan untuk mengancam tentara pemerintah.

KEYWORD :

ISIS Irak Timur Tengah Mosul




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :