Selasa, 23/04/2024 13:10 WIB

Hubungan Memanas, Malaysia Tarik Dubes di Korut

Keputusan Malaysia untuk tetap melanjutkan investigasi dan otopsi atas pembunuhan Jong-nam inilah yang membuat hubungan kedua negara memanas.

Dubes Korea Utara, Kang Chol (dua dari kiri) mengunjungi tempat otopsi Kim Jong-nam (foto: CBC)

Jakarta – Pemerintah Malaysia masih melanjutkan investigasi kematian Kim Jong-nam, saudara tiri penguasa Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di bandara Malaysia saat hendak terbang menuju Makau. Meskipun otoritas Korut meminta agar jenazah Jong-nam dipulangkan, Malaysia bergeming.

Keputusan Malaysia untuk tetap melanjutkan investigasi dan otopsi atas pembunuhan Jong-nam inilah yang membuat hubungan kedua negara memanas. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Malaysia telah memanggil duta besar (dubes)-nya yang bertugas di ibukota Pyongyang, Korut pulang ke Malaysia.

Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Malaysia dalam sebuah konferensi pers, Senin (20/2), bahwa memang benar pemerintah Negeri Jiran memanggil dubesnya di Korut kembali ke Malaysia.

“Pemanggilan itu hanya untuk konsultasi saja,” kata Kemenlu Malaysia dikutip TIME .

Tak hanya memanggil dubesnya, pemerintah Malaysia juga memanggil dubes Korut di Kuala Lumpur, Kang Chol untuk menjelaskan tuduhan yang dialamatkan pemerintah Korea Utara terhadap pemerintah Malaysia terkait investigasi Kim Jong-nam.

Sebelumnya, melalui dubes Korut untuk Malaysia, Kim Jong-un menyebut bahwa Malaysia tidak terang-terangan dalam proses pengusutan pembunuhan Jong-nam. Bahkan untuk melakukan proses otopsi menurut pemimpin Korut tersebut seharusnya menghadirkan petinggi-petinggi Korut.

KEYWORD :

Korea Utara Kim Jong-un Kim Jong-nam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :