Sabtu, 20/04/2024 20:58 WIB

Faisal Basri Bilang, Banyak BUMN Melenceng dari Misinya

BUMN tidak sekedar menjalankan bisnis biasa karena pada dasarnya negara bukan untuk berbisnis.

Foto gedung BUMN

Jakarta - Ekonom Senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengingatkan kembali misi khusus yang dijalankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia menegaskan bahwa BUMN tidak sekedar menjalankan bisnis biasa karena pada dasarnya negara bukan untuk berbisnis.

"Misi khusus BUMN sebagai milik negara tentunya bukan sekedar bisnis karena negara bukan untuk berbisnis melainkan memajukan perekonomian secara keseluruhan serta memberdayakan dan menyejahterakan rakyatnya," ujar Faisal Basri dalam akun twitternya.

Ia mengaku miris melihat konsep Holding BUMN yang dibangun pemerintah, karena ada kesan berbahaya dan menyesatkan. Faisal menegaskan secara filosofis, betapa besar peranan BUMN untuk mempertajam bisnisnya sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengakselerasikan pembangunan, misalnya dalam pembangunan infrastruktur.

"BUMN keuangan juga tertantang untuk mempercepat inklusi keuangan sehingga bisa turut serta memperkuat jantung perekonomian. Namun belakangan ini, misi khusus BUMN ini sudah melenceng dan seolah-olah negara yang berbisnis seperti perusahaan swasta lainnya," tandas Faisal.

KEYWORD :

Faisal Basri BUMN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :