Kamis, 25/04/2024 00:38 WIB

Resep Membangkitkan Rasa Percaya Diri

Mengapa otak kamu kadang berpikir bahwa kamu tidak bisa melakukan pekerjaan tertentu?

Ilustrasi percaya diri (foto: Business Insider)

Jakarta - Banyak orang mengeluhkan hal-hal besar yang tidak dapat dicapainya karena tidak memiliki rasa percaya diri. Contoh sederhana, Anda memiliki banyak pertanyaan di benak Anda saat belajar di dalam kelas. Sayangnya Anda tidak cukup percaya diri untuk menanyakan hal tersebut. Akhirnya, pertanyaan itu diajukan oleh teman Anda, dan dia mendapatkan apresiasi dari guru, atas pertanyaannya yang dianggap cukup bagus.

Jika menemui keadaan seperti itu, umumnya pasti akan kesal dengan diri Anda sendiri, lalu menyesal mengapa tidak Anda saja yang bertanya, sehingga bisa mendapatkan tambahan nilai dari guru. Benar bukan?

Itu hanya contoh kecil. Selain itu, masih banyak cerita-cerita yang mengisahkan kepercayaan diri teramat penting untuk meraih prestasi. Lalu pertanyaannya, mengapa otak Anda kadang berpikir bahwa kamu tidak bisa melakukan pekerjaan tertentu?

Dikutip dari Psychologies, kamu sebaiknya jangan menghabiskan waktu Anda untuk mengeluh bahwa kamu tidak bisa. Sebaliknya, cobalah untuk menanamkan mindset dengan pertanyaan yang lebih positif, misalnya ‘Apa yang dapat membantuku agar terbiasa berpikir positif?’.

Selain membiasakan diri berpikir positif tentang kehidupan Anda, cara selanjutnya adalah jangan membiarkan satu kesalahan kecil berlarut-larut dalam pikiranmu, yang dapat berpotensi membuatmu pesimis dalam mengerjakan tugas lainnya. Beralihlah pada prestasi-prestasi yang pernah kamu raih, sehingga dapat melecut semangatmu lebih besar lagi.

Terakhir, kamu harus memperhatikan postur tubuhmu. Hey, jangan kira postur tubuh tak mempengaruhi mentalmu. Menurut seorang psikolog sosial dari Harvard, Amy Cuddy mengatakan bahwa dengan pose terbuka (bukan meringkuk, menunduk, atau menutup diri) dapat merangsang otak untuk lebih percaya diri.

KEYWORD :

Gaya hidup percaya diri kehidupan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :