Sabtu, 20/04/2024 11:02 WIB

Hari Ini , KPK Periksa Perdana Mantan Dirut Garuda

Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk uang dan barang dari Roll-Royce dan Airbus melalui Soetikno.

Emirsyah Satar

Jakarta - Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar akan menjalani pemeriksaan  penyidik KPK, Jumat (17/2/2017). Kapasitas sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus SAS dan Rolls Royce PLC pada PT Garuda Indonesia.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan ihwal pemeriksaan tersebut. Menurut Febri, ini merupakan pemeriksaan perdana terhadap Emirsyah dalam statusnya sebagai tersangka.

"Benar, diagendakan diperiksa hari ini untuk pertama kali sebagai tersangka," ujar Febri saat dikonfirmasi.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Direktur PT Garuda Indonesia periode 2005-2015 Emirsyah Satar dan Beneficial Owner Cannaught International Pte. Ltd, Soetikno Soedarjo sebagai tersangka.

Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk uang dan barang dari Roll-Royce dan Airbus melalui Soetikno. Uang yang diterima Emirsyah senilai USD 2 juta, sementara dalam bentuk barang senilai USD2 juta.

Atas sangkaan tersebut, Emirsyah Satar selaku pihak yang diduga menerima suap dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 juncto Pasal 64 ayat 1‎ KUHPidana. Sementara Soetikno Soerdarjo‎ selaku pihak yang diduga memberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 juncto Pasal 64 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah memeriksa beberapa saksi. Diantaranya pegawai Soetikno Soerdarjo bernama Sallywati Raharja dan mantan pegawai dan Senior Manager Engine Management PT Garuda Indonesia (Persero)‎, Azwar Anas.

Sallywati dan dua orang lain diketahui sudah dicekal pergi ke luar negeri. Sallywati diduga memiliki peran penting dalam kasus ini. Bahkan, Sallywati disebut-sebut juru bayar Soetikno untik Emirsyah.

KEYWORD :

Suap Rolls Royce KPK Emirsyah Sattar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :