Sabtu, 20/04/2024 12:09 WIB

Harga Gabah di Karawang Anjlok

Untuk harga gabah yang berkualitas cukup bagus hanya ditawar Rp3.500 per kilogram.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Karawang - Harga gabah kering panen pada musim rendeng di Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, anjlok. Jika panen sebelumnya bisa menembus Rp4000, panen kali ini hanya mencapai Rp3.200 hingga Rp3.500 per kilogram.

Sejumlah tengkulak menawarkan rendah harga gabah kering panen dengan alasan faktor cuaca. "Dilihat dari kualitas, gabah kami tidak terlalu jelek. Tapi ditawar murah oleh sejumlah tengkulak," kata Rahmat, seorang petani di Desa Tirtasari, Kecamatan Tirtamulya, Karawang, Kamis (16/1).

Menurutnya, untuk harga gabah yang berkualitas cukup bagus hanya ditawar Rp3.500 per kilogram. Sedangkan gabah yang berkualitas rendah ditawar tengkulak Rp3.200 per kilogram.

Menurut dia, petani tentunya mengalami kerugian jika harus menjual gabahnya dengan harga murah. Karena para petani harus mengeluarkan harga tinggi dalam melakukan perawatan selama masa tanam. "Saya banyak mengeluarkan modal karena cukup tinggi serangan hama wereng," kata Rahmat.

Ia mengaku sebenarnya hasil panen tanaman padinya pada musim rendeng seperti saat ini cukup baik, mencapai 6 ton per hektare dari total luas lahan garapannya seluas 2 hektare. Ant

KEYWORD :

Harga gabah petani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :