Sabtu, 20/04/2024 16:30 WIB

Garda BMI Jeddah Raih Hassan Wirajuda Award 2017

Tidak hanya negara yang bertanggung jawab, tapi semua masyarakat harus ikut membantu memberikan keperdulian nyata bagi pekerja Indonesia di luar negeri.

Ketua Umum Garda BMI, Faisol Riza

Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memberikan penghargaan Hassan Wirajuda Award 2017 kepada Gabungan Aliansi Rakyat Daerah untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) Jeddah,  atas kinerja yang dilakukannya  selama ini dalam upaya perlindungan Warga Negeri Indonesia (WNI) di luar negeri.

Ketua Umum Garda BMI Jeddah, Faisol Riza mengatakan, perlindungan warga negara di luar negeri merupakan salah satu tugas negara yang diamanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945. Tidak hanya negara yang bertanggung jawab, tapi semua masyarakat harus ikut membantu memberikan keperdulian nyata bagi pekerja Indonesia di luar negeri.

"Garda BMI yang memunyai keperdulian terhadap WNI di luar negeri, harus berperan aktif memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada pemerintah, baik dari sisi informasi hingga pendampingan," ujar Faisol.

Menurut Faisol, dengan penghargaan Hassan Wirajuda ini akan menjadi spirit bagi masyarakat Indonesia yang selama ini beraliansi dengan Garda BMI, untuk terus terpicu memberikan kinerja bagi buruh migran Indonesia. "Award ini semakin membuat kami percepat  kinerja untuk  memberikan yang terbaik bagi buruh migran Indonesia," ujarnya.

Perlu diketahui, penghargaan Hassan Wirajuda Award diberikan Kementerian Luar Negeri setiap tahun kepada lembaga negara, organisasi dan perseorangan yang dianggap peduli dan keberpihakan dalam melakukan upaya perlindungan WNI di luar negeri. Sosok Hassan Wirajuda merupakan mantan Menteri Luar Negeri yang menjabat dari 2001-2009. Dialah yang dianggal inisiator dan pelopor dari pengarusutamaan (mainstreaming) upaya perlindungan WNI dan BHI di luar negeri.


KEYWORD :

Garda BMI Jeddah Faisol Riza TKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :