Jum'at, 19/04/2024 17:39 WIB

Hilang Dicuri, Peraih Nobel India Senang Replika Medalinya Ditemukan

Polisi menangkap tiga pria bersaudara yang diduga membawa hasil curian.

Medali Nobel

New Delhi – Replika medali penghargaan Nobel milik Kailash Satyarthi asal India, yang sempat hilang dicuri dari rumahnya di wilayah Ibu Kota New Delhi pada pekan lalu, berhasil ditemukan.  Polisi memastikan bahwa pihaknya telah menemukan replika dan benda lainnya dari rumah Satyarthi setelah menangkap tiga pria bersaudara yang diduga membawa hasil curian.

Satyarthi merasa sangat lega dan berterima kasih kepada pihak kepolisian atas ditemukannya replika medali penghargaannya itu. "Saya sangat percaya kepada pemerintah, polisi, dan rakyat di negara besar ini," kata Satyarthi, Minggu (12/2).

Namun, piagam Nobel milik Satyarthi belum ditemukan. namun tim investigasi merasa yakin benda itu akan segera ditemukan.

Satyarthi hanya meyimpan replika medali Nobel yang diraihnya, sementara yang asli dipajang di museum Istana Presiden India Pranab Mukherjee setelah dia memutuskan untuk mempersembahkan medalinya kepada negara pada 2015. Satyarthi yang berusia 63 tahun itu meninggalkan pekerjaannya sebagai insinyur teknik pada 1980 untuk mengampanyekan persoalan pekerja anak-anak.

Sejak saat itu dia memimpin sejumlah protes dan unjuk rasa damai untuk mendapatkan perhatian atas memburuknya eksploitasi anak-anak. Dia berbagi Nobel Perdamaian bersama dengan aktivis pendidikan Pakistan Malala Yousfzai. Ant

KEYWORD :

Nobel Perdamaian Medali Nobel Kailash Satyarthi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :