Sabtu, 22/09/2018 11:02 WIB

Yuk, Kenali Lampu Indikator Rem Pada Mobil

Saat ini kebanyakan mobil yang beredar umumnya sudah dilengkapi fitur multi information display (MID). Sejumlah informasi mengenai kondisi mobil mulai dari konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, kecepatan hingga oli terpampang di layar ini.

Lampu Indikator Peringatan / Ist

Jakarta – Saat ini kebanyakan mobil yang beredar umumnya sudah dilengkapi fitur multi information display (MID). Sejumlah informasi mengenai kondisi mobil mulai dari konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, kecepatan hingga oli terpampang di layar ini.

MID menampilkan beragam lampu indikator yang akan menyala guna memberikan informasi kepada pengemudi bila terjadi masalah pada salah satu fungsi atau system di kendaraan, seperti halnya lampu indikator rem.

Lantas bagaimana bila indikator lampu peringatan rem menyala saat dalam perjalanan, apa yang harus dilakukan?

Jika ini terjadi segeralah menepi di tempat yang aman guna memeriksa kondisi kendaraan. Selanjutnya langkah pertama disarankan Anda memeriksa terlebih dahulu buku panduan kendaran untuk mengetahui arti dan maksudnya setiap indikator yang timbul. Hal ini sangat penting, pasalnya lampu indikator rem tidak memiliki fungsi standar di setiap mobil.

“Jika lampu indikator rem menyala, coba periksa rem tangan dan oli rem,” ungkap Tambunan, salah seorang mekanik bengkel mobil di Caman, Bekasi, baru-baru ini.

Menurut Tambunan, indikator lampu rem yang menyala tersebut menandakan rem tangan sedang difungsikan. Dan bila seperti itu terjadi saat mobil sedang berjalan biasanya akan diiringi seperti bau kanvas rem terbakar.

Tak hanya itu saja, lampu indikator ternyata juga dapat mengindikasikan bahwa oli pada master cylinder berkurang atau habis.

Nah, bagi Anda pemilik kendaraan ada baiknya setiap minggu sekali rutin mengecek kondisi bagian kap mesin mobil, seperti oli mesin, air radiator, air accu, dan minyak rem. Selain melakukan perawatan berkala, bawalah selalu buku manual mobil di dalam laci mobil kesayangan Anda. [yog]

 

 

TAGS : Perawatan Mobil Ganti oli Lampu Kendaraan




TERPOPULER :