Kamis, 25/04/2024 15:03 WIB

BUMDes Sejahterakan Masyarakat Halmahera Barat

Danny mengatakan keberhasilan BUMDes di Halbar juga sudah dirasakan oleh masyarakat setempat. Keuntungan yang diperoleh dapat mencapai Rp10 juta hingga Rp30 juta.

Bupati Halmahera berdialog dengan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (10/2)

Jakarta - Dalam kunjungan ke kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy menyampaikan keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian desa-desa di Halbar. BUMDes, dikatakan Danny, sudah tersebar di seluruh desa yang terdapat di wilayahnya.

“Ada 170 desa di Halbar. Semuanya sudah terbentuk BUMDes. Bukan itu saja, kami juga sudah menyiapkan lahan seluas 20 ribu hektar untuk tanaman jagung sebagai produk dalam mendukung program satu desa satu produk. Kita serahkan BUMDEs untuk mengelolanya,” kata Danny, Jumat (10/2) di Jakarta.

Tidak hanya itu, Danny mengatakan keberhasilan BUMDes di Halbar juga sudah dirasakan oleh masyarakat setempat. Terbukti BUMDes di sejumlah tempat sudah meraup penghasilan antara Rp10 juta hingga Rp30 juta per bulan, dari hasil mengelola sektor pariwisata, pertanian dan perikanan.

"BUMDes di Halbar kita arahkan bukan hanya pada satu produk unggulan saja. Namun, kita arahkan juga dengan produk-produk lainnya. Karena melalui BUMDes ini, masyarakat Halbar sangat terbantu dalam peningkatan taraf hidupnya," tambahnya.

Selanjutnya, Danny mengatakan sudah menyiapkan kawasan pedesaan terpadu yang meliputi kawasan pertanian, perikanan, pariwisata, agro bisnis dan agro industri. Terobosan ini diharapkan dapat memaksimalkan peran BUMDes.

“Di Halbar saat ini saling berlomba-lomba dalam mencari potensi yang bisa dikelola oleh BUMDes," ujar Danny.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo mengapresiasi langkah Bupati Halbar yang telah melaksanakan program Kemendes PDTT dalam rangka percepatan pembangunan desa dan terwujudnya masyarakat desa yang sejahtera.

Eko menambahkan, bahwa sejumlah perusahaan-perusahaan BUMN akan diarahan untuk menjadi mitra BUMDes di Halbar. "Kita arahkan Bank BUMN seperti BNI untuk menjadikan Halbar sebagai salah satu percontohan untuk menjadi mitra BUMDes," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. (ADV

KEYWORD :

BUMDes Kementerian Desa Eko Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :