Sabtu, 20/04/2024 03:09 WIB

Internasional

Rusia Anggap NATO Tebar Ancaman

Pasukan dan kendaraan lapis baja Jerman yang sudah berada di Lithuania juga diduga kuat sebagai bagian dari rencana NATO untuk menekan Rusia.

Pasukan Jerman di perbatasan Rusia (foto: NBC)

Moskow - Ekspansi pasukan NATO ke beberapa negara yang berdekatan dengan perbatasan Rusia dianggap sebagai ancaman serius bagi Vladimir Putin. Menteri Luar Negeri Rusia, Alexei Meskhov mengatakan pemerintah terus mengawasi dan memastikan ekspansi tersebut tidak menebus keamanan negeri Beruang Merah tersebut.

“Untuk pertama kalinya setelah Perang Dunia II, kami melihat banyak tentara Jerman di sepanjang perbatasan Rusia,” kata Meskhov dikutip oleh media pemerintah RIA.

Pernyataan Meskhov juga disinyalir sebagai tanggapan atas kebijakan AS mengirimkan ribuan tentara dan aneka persenjataan berat ke Polandia dan wilayah Baltik. Pasukan dan kendaraan lapis baja Jerman yang sudah berada di Lithuania juga diduga kuat sebagai bagian dari rencana NATO untuk menekan Rusia atas aneksasi Krimea, Ukraina, pada 2014 silam.

Hubungan Rusia dan aliansi negara Barat mengalami keretakan setelah Rusia dituduh mengambil tanah Krimea, Ukraina pada 2014. Amerika Serikat pun menjatuhkan sanksi keras untuk Moskow.

Peran Rusia, seperti dikutip NBC, dalam melakukan penyerangan secara massif terhadap kelompok pemberotak di Suriah semakin memperburuk situasi luar negeri Rusia.

KEYWORD :

Rusia NATO Perang Dingin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :