Sabtu, 20/04/2024 05:11 WIB

Tingkatkan Pemahaman Warga, Kemdikbud Gelar Lomba Jurnalistik

Perkembangan anak sangat lah dipengaruhi oleh interaksi orang tua. Ini yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

Anak-Anak bersekolah

Jakarta - Pola interaksi dan pendidikan orang tua berpengaruh sangat besar terhadap capaian perkembangan anak dalam pendidikan formal.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sukiman mengatakan, berdasarkan hasil penelitian Bank Dunia di 50 Kabupaten di Indonesia, diketahui bahwa interaksi keluarga akan membentuk karakter tumbuh kembang anak di usia dini.

"Perkembangan anak sangat lah dipengaruhi oleh interaksi orang tua. Ini yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Jadi tidak hanya pada pendidikan formal justru peran orang tua lah yang utama," ujar Sukiman dalam keterangan tertulis yang diterima jurnas.com, Senin (6/2).

Untuk mengembangkan pemahaman masyarakat, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) kembali mengajak masyarakat untuk mengikuti lomba jurnalistik.

"Tema tahun ini pengutan peran keluarga dalam pendidikan anak, seperti lomba yang tahun lalu juga pernah kita gelat," jelasnya.

Lomba dapat diikuti oleh jurnalis, pengamat maupun masyarakat umum. Namun tulisan yang dilombakan harus pernah dimuat di media massa cetak maupun elektronik pada tanggal 6 Februari-19 Juli 2017.

Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp226 juta. Tulisan dapat dikirimkan ke [email protected] paling lambat tanggal 21 Juli.

KEYWORD :

Pendidikan Sukiman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :