Sabtu, 20/04/2024 11:14 WIB

Hati-Hati, Obat Herbal Belum Tentu Aman

Meskipun obat herbal popluer selama ribuan tahun, namun tetap memiliki potensi besar menimbulkan resiko penyakit jangka panjang.

Ilustrasi obatan herbal

Australia - Jika selama ini banyak orang berasumsi bahwa obat herbal sangat aman untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, ternyata tidak demikian. Sebuah penelitian berbasis di Australia menyatakan bahwa meskipun obat herbal popluer selama ribuan tahun, namun tetap memiliki potensi besar menimbulkan resiko penyakit jangka panjang.

Menurut ilmuwan dari Universitas Adelaide, obat-obatan herbal yang diperoleh melalui tanaman sebenarnya mengandung racun yang berasal dari tanaman dan hewan. Profesor Roger Byard mengatakan bahwa beberapa penyakit yang muncul belakangan ini, diindikasikan akibat dari mengonsumsi obat-obat herbal. Meskipun Byard sekaligus menampik tidak semua tanaman memiliki dampak negatif.

“Penyakit serius seperti gagal ginjal dan kerusakan hati dapat disebabkan oleh beberapa spesies tanaman tertentu,” kata Byard.

Australia telah menerapkan aturan khusus bagi obat-obat herbal yang beredar di negara tersebut. seluruh obat herbal harus mendapatkan persetujuan dan didaftarkan melalui badan kesehatan, demi mengetahui konsentrasi tertentu yang terkadung di dalam obat-obatan tersebut.

“Sebelum beredar di pasar, mereka (produsen obat herbal) harus melakukan uji coba dan melaporkannya,” tandas Byard.

KEYWORD :

Medis Obat Herbal kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :