Rabu, 24/04/2024 13:26 WIB

7 Cara Kenali Gejala Penyakit di Tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa jika seseorang mengalami gangguan kesehatan, tubuh secara otomatis mengirimkan sinyal?

ilustrasi tubuh

Jakarta - Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Jika kesehatan Anda terganggu maka aktivitas Anda pun akan ikut terganggu, dan pastinya Anda harus mengeluarkan dana untuk berobat. Tentu saja, sangat penting untuk tetap memperhatikan kesehatan dengan makan makanan bergizi, olahraga dan Istirahat yang cukup.

Terkadang Anda tidak mengetahui apakah kesehatan Anda terganggu atau tidak. Terakdang pula, Anda merasa tak ada gangguan sama sekali, padahal bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan kesehatan meski Anda tidak mengetahuinya.

Tahukah Anda bahwa jika seseorang mengalami gangguan kesehatan maka tubuh akan secara otomatis mengirimkan sinyal atau tanda. Jadi, jika ingin tahu seberapa kesehatan Anda, cukup mengenali dengan tujuh cara simpel ini, sebagaimana dilansir dari Net Doctor berikut;

Kaki bengkak
Jika terjadi pembengkakan pada kaki Anda, itu bisa jadi menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah pada hati atau ginjal, yang biasa disebut tiroid. Segera periksakan diri ke dokter jika terjadi masalah tersebut.

Jari manis lebih panjang dari telunjuk
Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Nottingham menemukan bahwa jika Anda memiliki jari manis lebih panjang dari jari telunjuk Anda, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda berisiko osteoarthritis (penyakit sendi), terutama di lutut.

Senang meminum es
Ketika Anda tak bisa lepas dari meminum minuman yang dingin (es), bahkan menjadi bagian konsumsi Anda tiap hari, maka bisa jadi Anda kekurangan zat besi. Hal ini dikarenakan jika Anda kekurangan zat besi, maka Anda akan cenderung menginginkan hal-hal yang tidak bergizi, khususnya es. Sehingga ini akan membahayakan kesehatan Anda dan itu harus dihentikan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Keriput di bagian tertentu
kebanyakan keriput cenderung diartikan sebagai hanya tanda penuaaan. Namun, studi yang dipublikasikan di The Jurnal Of Gerontology menemukan alasan yang berbeda, yaitu karena tekanan darah tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa wanita dengan kerutan di tempat yang tidak terkena sinar matahaari, seperti lengan atas, cenderung memiliki hipertensi. Jika hal itu terjadi maka segera periksakan diri kepada dokter.

Bau mulut
Bau mulut ternyata bukanlah hal yang biasa. Selain mengganggu percaya diri Anda, bau mulut juga menunjukkan bahwa Anda mengalami masalah serius pada gusi, yang biasanya disebut gingivitis yaitu sebuah penyakit gusi yang cenderung merontokkan gigi. Oleh karena itu sikat gigi secara teratur akan membantu mencegah hal tersebut.

Urine gelap
Ketika Anda buang air kecil dan menemukan urine Anda ternyata berwarna gelap, itu bisa jadi menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami dehidrasi, dan ini sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal Anda. Jangan biarkan Anda mengalami dehidrasi sehingga Anda terhindar dari penyakit infeksi ginjal.

Kotoran berwarna hitam
Jika Anda menemukan kotoran Anda berwarna gelap, itu pertanda bahwa sedang mengalami pendarahan internal, dan itu biasanya sering karena ada luka pada lambung. Untuk menghindari hal tersebut, maka hindarilah memakan makanan pedas.[]

KEYWORD :

gejala penyakit kesehatan deteksi dini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :