Sabtu, 20/04/2024 08:04 WIB

Catatan Apik Frank Lampard, Sang Legenda

Di usia 38 tahun tersebut, Lampard memiliki catatan luar biasa selama membela klub, dan timnas Inggris.

Frank Lampard membawa tropi Liga Champions (foto: Sky Sport)

Jakarta - Mantan gelandang legendaris Chelsea, Frank Lampard akhirnya resmi pensiun dari karirnya sebagai pesepakbola profesional, Kamis (2/2). Di usia 38 tahun tersebut, Lampard memiliki catatan luar biasa selama membela klub, dan timnas Inggris.

Titel Liga Inggris pertama

Lampard memulai karirnya di Liga Premier bersama tim muda West Ham United pada musim 1994-1995. Selang satu tahun kemudian, ia masuk ke dalam susunan tim senior hingga tahun 2001. Chelsea yang terpikat melihat penampilannya, membawa Lampard ke Stamford Bridge pada tahun 2001. Di sinilah karirnya terus menanjak dan makin gemilang.

Lampard sukses mencetak dua gol penentu dalam laga melawan Bolton Wanderers pada April 2005, untuk kemenangan akhir 2-0 untuk Chelsea. Skor tersebut sekaligus menjadi titel Liga Inggris pertama baginya, dan menjadi gelar pertama Chelsea sejak 50 tahun terakhir.

Gelar individu dan pengakuan FIFA pada 9 November 2005

Sukses bersama Chelsea, Lampard mengakhiri musim 2004/2005 dengan double gelar, yaitu sebagai pemain terbaik PFA dan FWA versi Liga Inggris. Selain itu, Lampard juga mendapatkan pengakuan khusus dari FIFA setelah berada di tempat ke dua di belakang Ronaldinho dalam perebutan gelar Ballon d’Or.

Posisi Lampard berada di atas Samuel Eto’o, Thierry Henry, dan Steven Gerrard, sekaligus mengokohkan dirinya sebagai gelandang hebat.

Kemenangan bersejarah di Liga Champions pada Mei 2012

Gelandang terbaik ini masih menunjukkan kiprahnya untuk Chelsea, saat The Blues menghadapi Bayern Munich dalam laga final Liga Champions. Chelsea yang saat itu ditukangi oleh Di Matteo, berjuang melawan Bayern yang bermain di hadapan publik sendiri. Walhasil, gol Didier Drogba sukses membawa Chelsea memenangi Liga Champions musim 2011/2012.

Memecahkan rekor Bobby Tambling

Sebelum meninggalkan Chelsea setahun kemudian, Lampard mengukir rekor bagus saat Chelsea menjamu Aston Villa di musim 2012/2013. Dua gol Lampard dalam laga tersebut mejadikannya mengoleksi 203 gol sepanjang membela The Blues. Dan mencatatkan namanya melewati rekor Bobby Tambling yang belum pecah selama setengah abad.

KEYWORD :

Frank Lampard Liga Inggris Pensiun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :