Kamis, 25/04/2024 08:42 WIB

Tidak Hanya Bulan Valentine, Ini 9 Fakta Unik Februari

Sadar atau tidak, fenomena bulan penuh (full moon) tidak pernah terlihat selama Februari.

Ilustrasi pasangan romantis

Jakarta, Jurnas.com- Selama datangnya Februari, romantisme dan kemesraan bulan ini ditandai dengan perayaan Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari nanti. Tapi, benarkah keistimewaan Februari hanya terletak pada Valentinenya? Ayo kita lihat sembilan fakta ini.

# Asal nama “Februari

Februari berasal dari nama sebuah festival penghapusan dosa zaman Romawi kuno. Ritual ini diberi nama Februarius yang berlangsung pada 15 Februari.

#Memiliki nama lain Solmonath

Negara-negara Anglo-Saxons (yaitu Inggris, Irlandia, Amerika Serikat dan Australia) punya sebutan khusus untuk Februari, yakni ‘Solmonath’, yang berarti bulan lumpur atau pasir basah).

#Bulan hujan

Dalam kalender revolusi Perancis yang diperkenalkan pada 1793, Februari dikenal sebagai bulan di mana hujan turun.

#The month of cakes (Bulan kue)

Pada abad ke-8, sastrawan kuno Santo Beda mengatakan bahwa Februari disebut sebagai bulan kue, karena pada bulan tersebut banyak hadiah kue yang dihadiahkan kepada dewa-dewa.

#Jumlah tanggal paling sedikit

Sebelum Julio Caesar meresmikan kalender yang kita gunakan hingga saat ini, kalender zaman dulu juga menetapkan Februari hanya memiliki 28 atau 29 hari.

#Februari dalam "Much Ado About Nothing"

Dalam naskah komedi romantik “Much Ado About Nothing” yang terbit pada tahun 1600, William Shakespeare banyak menyebut kata Februari. Dalam karyanya tersebut Shakespeare menulis, “seperti wajah Februari, dipenuhi es, badai dan mendung.”

#Tidak ada bulan penuh selama Februari

Sadar atau tidak, fenomena bulan penuh (full moon) tidak pernah terlihat selama Februari. Peristiwa ini pernah terjadi pada 1999, dan diprediksi akan terulang tahun 2019 nanti.

#Berlambang kecubung

Dikutip dari Express, Februari memiliki lambang batu kecubung dan tanda kelahiran bunga violet atau primrose.

#Februari pernah berjumlah 30 hari

Pada 1712, Swedia dan Finlandia pernah memiliki Februari berjumlah 30 hari dalam kalender mereka. Ini merupakan kesalahan yang didapati setelah adanya perubahan kalender.

KEYWORD :

Fakta unik Februari Valentine




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :