Jum'at, 26/04/2024 05:01 WIB

Usulan Penambahan Anggota DPR Maksimal 22 Kursi

Jika konsep penambahan jumlah anggota DPR yang diambil maka maksimal anggota DPR akan bertambah menjadi 582 anggota

Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy

Jakarta - Penambahan kursi Anggota DPR menuai perdebatan dalam Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu. Jika penambahan Anggota DPR yang disepakati, maka maksimal sebanyak 22 kursi.

Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy mengatakan, dengan adanya defisit kursi atas dasar suara yang ada, paling tidak perlu ada penambahan maksimal sebanyak 22 kursi DPR.

"Artinya maksimal jika konsep penambahan jumlah anggota DPR yang diambil maka maksimal anggota DPR akan bertambah menjadi 582 anggota," kata Lukman, melalui rilis yang diterima Jurnas.com, Jakarta, Selasa (31/1).

Kata Lukman, penambahan anggota DPR memang cukup signifikan. Apalagi jika ditinjau dari kritik masyarakat atas kinerja DPR yang belum maksimal.

"Kalau melihat kebutuhan seperti itu maka, penambahan anggota DPR bisa berkisar antara 10 kursi sampai dengan 22 kursi, tergantung seberapa signifikan kita menginginkan menurunnya derajat disproporsionalitasnya," jelasnya.

Menurutnya, bisa penambahan hanya 10 kursi jika mengikut sertakan faktor lain, seperti luas wilayah, PDRB ataupun tingkat kesulitan lainnya sebagai faktor menghitung derajat disproporsionalitas.

"Penambahan jumlah anggota DPR, dengan ikut mempertimbangkan faktor pendukung lainnya, seperti luas wilayah, sumbangan PDRB daerah terhadap PDRB nasional ataupun faktor-faktor yang lainnya," tegasnya.

KEYWORD :

Pansus RUU Pemilu Lukman Edy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :