Kamis, 25/04/2024 14:24 WIB

Satelit Telkom 3S Siap Diluncurkan

Satelit Telkom 3S memiliki kapasitas 49 transponder, terdiri atas 24 transponder C-Band (24 TPE), 8 transponder extended C-Band (12 TPE), dan 10 transponder Ku-band (13 TPE).

Ilustrasi peluncuran satelit

Satelit terbaru PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang dinamakan Telkom 3S, siap diluncurkan pada 15 Februari 2017, sekitar pukul 04.39 WIB. Peluncuran akan dilakukan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis.

Satelit tersebut akan menempati slot orbit 118 derajat bujur timur yang berada di atas Pulau Kalimantan yang ditempati oleh Satelit Telkom 2. "Hingga kini semua persiapan on schedule. Kami memohon doa semua masyarakat Indonesia agar peluncuran satelit Telkom 3S ini berjalan lancar tanpa kendala," kata Direktur Network and IT Solution, Abdus Somad Arief di sela pre-acara peluncuran Satelit Telkom 3S, di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom, Gunung Putri, Bogor, Senin (30/1).

Satelit Telkom 3S memiliki kapasitas 49 transponder, terdiri atas 24 transponder C-Band (24 TPE), 8 transponder extended C-Band (12 TPE), dan 10 transponder Ku-band (13 TPE). Masa aktif satelit sekitar 15 tahun sejak diluncurkan. Satelit tersebut diproduksi oleh Thales Alenia Space (TAS) milik Prancis, dengan roket peluncuran Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncuran satelit Arianspace Europa.

Dengan diluncurkannya satelit Telkom 3S, maka nantinya BUMN telekomunikasi itu mempunyai tiga satelit aktif mengorbit, yakni Satelit Telkom 1, Satelit Telkom 2, dan Satelit Telkom 3S. "Satelit Telkom 3S fungsi utamanya adalah untuk menggantikan satelit Telkom 1 yang habis masa umurnya. Meskipun Telkom 1 diperkirakan masih memiliki usia tambahan hingga 2018," ujar Somad seperti dilnsir Antara.

Peluncuran satelit Telkom 3S dengan investasi sekitar US$300 juta, diklaim untuk meningkatkan dan memperluas cakupan layanan telekomunikasi, terutama di daerah-daerah terpencil yang tidak dapat dilalui kabel optik. Keunggulan satelit Telkom 3S ini memberikan layanan dengan bit-rate lebih tinggi, sehingga menghasilkan kualitas komunikasi lebih baik. Siaran televisi berkualitas tinggi, layanan komunikasi seluler, serta broadband internet dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara, dan sebagian Asia Timur.

KEYWORD :

Telkom Satelit Telkom 3




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :