Rabu, 24/04/2024 08:08 WIB

Ini yang Mesti Anda Lakukan Jika Kerjaan Lembur

Ada beberapa cara yang alami dan sederhana yang dapat Anda lakukan agar tetap terjaga di malam hari.

Sebelum begadang, tidurlah dulu agar pikiran segar

Jakarta - Jika Anda memiliki pekerjaan yang dilakukan di malam hari, atau memiliki niatan untuk begadang karena harus melakukan sesuatu, tentunya Anda akan menginginkan agar tetap bisa terjaga saat itu. Anda mungkin akan melakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk yang tentunya bisa menyerang Anda, seperti meminum kopi atau melakukan hal lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa cara yang alami dan sederhana yang dapat Anda lakukan agar tetap terjaga di malam hari dan terhindarkan dari rasa kantuk, sehingga aktivitas malam Anda tidak akan terganggu. Beberapa cara tersebut sebagaimana dilansir pada Every Day Health, sebagai berikut:

Tidur siang terlebih dahulu
Jika Anda berniat untuk begadang di malam hari, sebaiknya Anda tidur siang terlebih dahulu, guna membantu Anda untuk tetap terjaga dan terhindarkan dari rasa kantuk.

Tetap sibuk
Usahakan ketika Anda sedang begadang, agar tetap menyibukkan diri dengan aktivitas, sehingga Anda tidak akan merasa ngantuk. Dengan menggerakkan badan atau melakukan sesuatu maka hal itu akan menghapus rasa kantuk yang bisa Anda alami.

Gunakan kafein
Salah satu cara untuk tetap terjaga di malam hari, yaitu dengan menggunakan kafein, karena ia berfungsi untuk menghilangkan rasa kantuk. Anda dapat memperolehnya dengan meminum kopi, hal ini karena kopi merupakan salah satu yang mengandung kafein. Akan tetapi, gunakanlah kafein sesuai dosis, dan jangan berlebihan karena itu tidak baik untuk kesehatan Anda.

Berada di tempat yang bercahaya
Tempat yang gelap dan redup akan membuat Anda cepat merasakan ngantuk. Oleh karena itu jika Anda ingin tetap terjaga, maka tetaplah berada di tempat yang terang agar tetap terjaga, karena cahaya akan membuat Anda susah untuk merasakan kantuk.

Hindari alkohol
Mengkonsumsi alcohol di malam hari aka membuat Anda cepat merasakan ngantuk, karena dalam kandungan terdapat zat yang membuat Anda merasa capek dan lelah, yang mengakibatkan Anda sangat butuh untuk istirahat. Oleh karena itu, hindarilah meminum alkohol jika Anda ingin tetap terjaga di malam hari.[]

KEYWORD :

Begadang Tips Kesehatan Pekerjaan Lembur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :