Jum'at, 26/04/2024 03:39 WIB

Teknologi

Panasonic Uji Coba Robot Pelayan Bandara

Robot HOSPI menjalankan fungsi sebagai pengumpul piring bekas dari pengunjung restoran, lalu memberikan layanan minuman dan informasi kepada pelanggan.

Robot HOSPI (foto: youtube)

Jepang - Layanan pelanggan menggunakan robot memang belum populer di Indonesia. Namun di negara Jepang, robot sudah mulai digunakan sebagai pelayan di toko-toko. Tak hanya itu, perusahaan elektronik ternama Panasonic bahkan kini melakukan percobaan dengan menempatkan robot HOSPI sebagai pelayan di bandara.

Di bandara Narita, Jepang, Robot HOSPI menjalankan fungsi sebagai pengumpul piring bekas dari pengunjung restoran, lalu memberikan layanan minuman dan informasi kepada pelanggan. Dalek-in (nama robot) sebelumnya memang dirancang untuk membantu dokter mengambil sampel medis dan file di rumah sakit.

Namun, berkat peningkatan kemampuan sensorik, robot ini dianggap mampu mendeteksi agar terhindar dari benturan, sehingga ditarik untuk digunakan tidak hanya di rumah sakit. "Kami percaya robot ini mampu melakukan banyak hal untuk membantu manusia," ujar Manager Robotics Business Panasonic Co., Ltd, Ryosuke Murai.

Panasonic terus melakukan upaya pengembangan layanan robot untuk membantu manusia melakukan pekerjaan mereka sehari-hari. Dikutip dari Cnet, selain robot HOSPI, perusahaan ini juga telah melakukan uji coba robot kasir di Osaka.

KEYWORD :

Robot Panasonic HOSPI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :