Rabu, 21/11/2018 07:33 WIB

Tips

Spooring dan Balancing Dilakukan Berbarengan, Ini Alasannya

Pernahkah mobil Anda mengalami gejala seperti stir bergetar atau membuang ke kiri dan ke kanan saat melaju di jalanan? Bila pernah, maka dipastikan bagian roda mobil Anda mengalami masalah.

Spooring dan Balancing / Yogi

Bekasi – Pernahkah mobil Anda mengalami gejala seperti stir bergetar atau membuang ke kiri dan ke kanan saat melaju di jalanan? Bila pernah, maka dipastikan bagian roda mobil Anda mengalami masalah.

Untuk itu disarankan bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat guna dilakukan pemeriksaaan. Salah satu perawatan roda kendaraan adalah dengan melakukan spooring dan balancing.

“Sering melewati jalanan yang rusak seperti bergelombang dan berlubang secara tidak langsung akan berdampak pada kinerja roda kendaraan, sebab intensitas terjadinya benturan langsung kerap terjadi,” kata Bayu, salah satu mekanik bengkel mobil di bilangan Pekayon, Bekasi, baru-baru ini.

Dia menuturkan, jika terkena impact dari benturan, terkadang ban akan melendung atau velg peyang, jika ini terjadi harus segera dilakukan spooring dan balancing. Lantas mengapa spooring dan balancing harus dilakukan berbarengan?

Setelah terkena dampak tersebut, kata Bayu, biasanya akan terjadi pergeseran di sumbu kemudi, karena itu disarankan mobil harus dilakukan perawatan spooring dan balancing sekaligus.

“Kedua langkah ini wajib dilakukan bersamaan agar nanti pada saat berjalan lebih stabil, getarannya berkurang, serta ban yang tadinya aus menjadi rata kembali,” ucap pria 38 tahun ini. [yog]

 

 

 

TAGS : Perawatan Mobil Roda Mobil Spooring Balancing




TERPOPULER :