Kamis, 21/06/2018 11:38 WIB

Tanpa Disadari, Ini yang Bisa Bikin Seseorang Mandul

Sebaiknya Anda perlu mengetahui mengenai hal-hal yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda yang dapat menyebabkan kemandulan.

Ilustrasi Merokok (Foto; Sky News)

Jakarta - Memiliki anak, tentu saja, adalah kebahagiaan tersendiri. Begitu banyak orang yang menginginkan anak, hingga rela melakukan apa saja, termasuk mengeluarkan dana yang besar. Hasrat untuk memiliki keturunan adalah harapan hampir semua orang yang telah berumah tangga.

Tapi, bagaimana jika kenyataannya Anda atau pasangan mengalami kemandulan, sehingga tak bisa memiliki seorang anak? Anda pasti akan sangat terbebani dengan hal itu, bahkan bisa membuat hubungan perkawinan Anda akan terganggu.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda perlu mengetahui mengenai hal-hal yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda yang dapat menyebabkan kemandulan, seperti dikutip dari Bustle sebagai berikut:

Merokok
Mungkin Anda sudah/belum mengetahui bahwa merokok dapat menyebabkan kemandulan pada diri Anda. Risiko kemandulan terbesar terjadi pada perokok dibandingkan yang tidak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 60 persen dari wanita yang merokok mengalami kemandulan. Bukan hanya menyebabkan kemandulan, tapi dapat mengganggu kehamilan seseorang dan beresiko keguguran.

Cahaya buatan
Biasanya ketika seseorang hendak beranjak ke tempat tidur, dia akan memainkan handphonenya dalam kegelapan, sehingga cahaya diperoleh hanya dari handphone tersebut. Tapi tahukah Anda bahwa cahaya tersebut dapat mengganggu kesuburan Anda. Hal ini dikarenakan cahaya tersebut akan mempengaruhi produksi tubuh kita atau melatonin (hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang membuat kita mengantuk).

Berat badan
Berat badan yang berlebih juga berisiko membuat Anda menjadi mandul, atau mengganggu kesuburan Anda. Dr Francisco Arrendondo, seorang pakar reproduksi dan kesuburan, mengungkapkan bahwa berat badan yang sehat adalah dimana tubuh Anda dapat melakukan fungsinya dengan baik yaitu dapat hamil dan memiliki ruang untuk calon anak Anda. Jika memiliki berat badan lebih, maka itu bisa menghambat kehamilan Anda.

Terlalu banyak olahraga
Berolahraga memang baik untuk kesehatan dan dapat membantu kesuburan Anda. Tapi tahukah Anda bahwa olahraga yang berlebihan malah merusak sistem reproduksi Anda. Oleh karena itu, aturlah waktu berolahraga Anda.

Alkohol
Meminum alkohol disaat hamil dapat mengganggu kehamilan Anda, dan berpotensi untuk merusak janin Anda. Ketika meminum alkohol secara berlebihan sangat berisiko membuat Anda menjadi mandul. Bukan hanya terjadi pada wanita, melainkan alkohol juga dapat mempengaruhi kualitas sperma pada laki-laki, sehingga menyebabkan kemandulan.

TAGS : mandul Kesehatan resep dokter




TERPOPULER :