Jum'at, 19/04/2024 05:33 WIB

Pendidikan

Kementerian PPPA Akan Adopsi Program School Bank

Keberhasilan program bank sekolah atau School Bank di Thailand dalam meningkatkan partisipasi siswa. Hal ini menarik perhatian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Suasana School Bank di Bangkok, Thailand / Alim

Bangkok - Keberhasilan program bank sekolah atau School Bank di Thailand dalam meningkatkan partisipasi siswa serta menyiapkan keuangan masa depan sejak dini, rupanya menarik perhatian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Rohika Kurniadi Sari menyebutkan kemungkinan program tersebut diadopsi di Indonesia. Bahkan program School Bank dapat diintegrasikan dalam program sekolah ramah anak yang sebelumnya telah berjalan di beberapa kota di Indonesia.

"Program ini pernah diterapkan di Surabaya, namun tidak secanggih dan sebaik di sini. Ke depan kemungkinan bisa berjalan bersama program sekolah ramah anak. Apalagi hal ini juga bermanfaat untuk pemenuhan hak anak di masa depan," terang Rohika kepada Jurnas.com, Jumat (20/1).

Turut mendampingi Menteri cilik bersama Plan International Indonesia di Provinsi Rayong, Thailand, Rohika menambahkan jika nantinya program ini diadopsi, maka peran serta seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk kepentingan sosialisasi yang lebih luas. "Tidak terkecuali para menteri cilik ini, mereka bisa turut aktif di forum anak," tambahnya.

School Bank merupakan program yang didirikan oleh Plan International Thailand pada 2005 silam. Alasan pembentukan program ini adalah membiasakan anak-anak untuk menyiapkan keuangan mereka di masa yang akan datang.

Hingga Desember 2016, program School Bank telah berdiri di 43 sekolah dan 21 ribu nasabah, dengan total dana yang terkumpul hingga 11.347.407 Bath atau empat miliar rupiah.

KEYWORD :

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sekolah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :