Jum'at, 19/04/2024 06:49 WIB

Menteri Cilik Sambangi Sekolah Indonesia di Bangkok

Selain bertemu Duta Besar (dubes) Indonesia, Ahmad Rusdi. Enam Menteri cilik sambangi sekolah Indonesia Bangkok (SIB) yang terletak di jantung kota Negeri Gajah Putih

Foto bersama menteri cilik dan siswa Sekolah Indonesia Bangkok

Bangkok - Selain bertemu Duta Besar (dubes), Ahmad Rusdi dan mengunjungi kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand. Enam Menteri cilik juga berkesempatan menyambangi sekolah Indonesia Bangkok (SIB) yang terletak di jantung kota Negeri Gajah Putih tersebut.

Kedatangan enam Menteri cilik yang terpilih pada gelaran Hari Perempuan Internasional pada 11 Oktober 2016 lalu, disambut antusias oleh puluhan siswa SIB, meski jam sekolah sudah berakhir. Kesempatan tersebut diisi dengan sesi saling bertukar pengalaman hingga berfoto bersama.

"Senang banget bisa dikunjungi mereka (menteri cilik). Bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan pula," kata Dhea (17) siswa kelas 2 sekolah menengah dasar di SIB, Kamis (19/1).

SIB sudah berdiri selama 57 tahun sejak pertama kali diresmikan pada tahun 1960. Tak hanya diperuntukkan bagi anak-anak staf KBRI, SIB juga menerima anak-anak yang berasal dari warga Indonesia yang bekerja di Thailand. Tahun ini SIB memiliki total 100 siswa yang terdiri dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga SMA.

Kepala sekolah SIB, Olih S. menuturkan tidak banyak tenaga pengajar yang dipekerjakan di tempat tersebut. Sebab pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membatasi jumlah kuota pengajar. Bahkan, untuk mengajar di SIB, Kemdikbud mengadakan seleksi khusus.

"Hanya ada 10 guru untuk 100 siswa di sini," ujar Olih.

Bersama Plan International Indonesia, enam dari 22 anak terpilih pada gelaran Hari Perempuan Internasional pada 11 Oktober silam, melalui program ‘Sehari Jadi Menteri’, berkesempatan mengunjungi Bangkok. Para Menteri cilik ini sebelumnya juga pernah menduduki jabatan di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Tidak hanya mendapatkan liburan ke luar negeri, keenam Menteri cilik tersebut juga diajak melakukan studi banding kegiatan Plan Thailand. Program ini merupakan kepanjangan gerakan global `Because I Am A Girl` yang memberikan perhatian khusus pada anak-anak perempuan seluruh dunia, agar mendapatkan pendidikan yang layak serta perlakuan yang setara.

KEYWORD :

Menteri cilik Plan Indonesia Thailand




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :