Sabtu, 20/04/2024 02:58 WIB

Kata Menteri Susi, "Laut Adalah Masa Depan Bangsa"

Pada tahun ini KKP fokus untuk melakukan pemerataan, memberikan kesempatan kepada UMKM

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Jakarta-Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti menegaskan  bahwa laut adalah masa depan bangsa. Sehingga sudah seharusnya dijaga oleh seluruh rakyat dan tidak boleh dirusak.  

"Laut adalah masa depan bangsa. Kalau laut adalah masalah bangsa, ya tidak boleh dirusak, tidak boleh dibom, tidak boleh digaruk pake keruk kerang, tidak boleh dipotas, tidak boleh dihancurkan, harus dijaga," tegasnya pada Konferensi Pers di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis (19/01).

Susi menambahkan, sebagai salah satu Program Sentra Kelautan, maka pulau terluar atau pulau-pulau yang berbatasan dengan dunia luar menjadi perhatian utama.  "kenapa penting, ya karena berbatasan dengan dunia luar, dengan negara lain, dengan segala pencuri ikan," ujarnya.

Karenanya, Menteri Susi mengatakan,  pada tahun ini KKP fokus untuk melakukan pemerataan, memberikan kesempatan kepada UMKM, dan melakukan pembinaan. Supaya mereka bisa bersaing dengan tenaga asing.

Susi mencontohkan, orang-orang di Belitung lebih menyukai nelayan dari Filipina. Sebab nelayan Filipina lebih cakap dalam menangkap ikan.

"Misalnya di Belitung, orang Belitung sendiri lebih senang kepada orang Filipina, kenapa? Karena orang Filipina lebih jago dan sudah mengenal lebih dulu. Kalau kita tidak kasih kesempatan sama orang Belitung, mau kapan orang Belitung belajar memancing ikan. Makanya kita stop. Masak mau mancing aja kita harus ngimpor dari asing," ujarnya. (Khairul Anwar)

KEYWORD :

Program Kelautan Susi Pudjiastuti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :