Kamis, 25/04/2024 12:14 WIB

Menkumham Akui Oknum Imigrasi Terlibat Sindikat TKA Ilegal

Pemerintah tengah melakukan evaluasi terkait kebijakan bebas visa terhadap ratusan negara sahabat.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Jakarta - Kehadiran tenaga kerja asing (TKA) ilegal yang marak datang ke Indonesia dinilai karena permainan sindikat. Bahkan, petugas dari imigrasi sendiri diakui turut terlibat dalam sindikat tersebut.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan, sindikat TKA ilegal itu sudah lama bermain. Termasuk dari dalam imigrasi turut serta melancarkan aksi para sindikat.

"Jadi ini penyakit lama, ada sindikat. Sama kaya TKI kita di luar itu kan korban pemalsuan data dan sindkiat. Petugas Imigrasi kita ada yang terlibat. Sama sudah bilang ke Dirjen Imigrasi nggak ada toleransi lagi," kata Yasonna, saat rapat kerja dengan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/1).

Untuk itu, kata Yasonna, pemerintah tengah melakukan evaluasi terkait kebijakan bebas visa terhadap ratusan negara sahabat. Hal itu untuk mengantisipasi aksi para sindikat TKA ilegal tersebut.

Yasonna mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Menkopolhukam Wiranto guna melakukan evaluasi terkait bebas visa itu.

"Kebijakan visa sedang diteliti manfaat dan mudharatnya. Kalau pariwisata tetap kita dorong travel agent to agent," tegas menteri asal PDI Perjuangan itu.

KEYWORD :

TKA Ilegal TKA China Menkumham Imigrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :