Rabu, 24/04/2024 04:22 WIB

Kata Sri Mulyani, Rp1 Triliun Bisa Menggaji 10 Ribu Polisi

Uang dari pajak sebesar Rp1 triliun akan mampu memberikan beras bagi 729 ribu rumah tangga miskin.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut-nyebut gaji polisi ketika menyatakan pentingnya membayar pajak. Dalam sebuah acara, ia mengatakan bahwa uang negara dari pajak sebesar Rp1 triliun bisa untuk menggaji 10 ribu polisi dalam setahun.

Pernyataan ini dilontarkan ketika mensosialisasikan tax amnesty (pengampunan pajak) kepada para pemuka agama Kristiani di Jakarta, awal pekan kemarin.

Selain menyebut gaji polisi, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa uang dari pajak sebesar Ro1 triliun akan mampu memberikan beras bagi 729 ribu rumah tangga miskin. Kemudian jika dipakai buat pembangunan jalan raya bisa mencapai 155 kilometer (km). Bahkan jika digunakan membuka lahan sawah baru, maka uang Rp1 triliun bisa membuka 52.631 hektar (ha) sawah.

"Namun kesadaran pajak masih kurang. Dari 250 juta masyarakat Indonesia, baru 32,7 juta yang memiliki kemampuan membayar pajak. Kemudian yang terdaftar sebagai wajib pajak (WP), yang berpotensi hanya sebesar 20,1 juta orang dan yang kemudian terealisasi hanya sebesar 12,5 juta WP atau sekitar 62 persen," jelasnya.

KEYWORD :

Sri Mulyani Tax Amnesty Polisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :