Rabu, 24/04/2024 23:28 WIB

Presiden Jokowi Komentari Buku "Jokowi Undercover"

Presiden mengatakan,  setiap pembuatan buku harus ada kaidah-kaidah ilmiah dan didukung dengan materi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo enggan mengomentari beredarnya buku `Jokowi Undercover" buatan Bambang Tri Mulyono yang saat ini sedang menjalani proses hukum dengan tudingan menebar kebencian.

"Kalau data-datanya tidak ilmiah, sumbernya tidak jelas, ya kenapa saya harus baca, kenapa saya harus mengomentari," kata Presiden kepada wartawan usai  berikan arahan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2017 di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Senin.

Presiden mengatakan,  setiap pembuatan buku harus ada kaidah-kaidah ilmiah dan didukung dengan materi yang diperdalam di lapangan serta ada sumber-sumber yang kridebel. "Pembuatan buku harus ada kaidah-kaidah ilmiah, ya kan. Ada materi data-data yang tentunya diperdalam di lapangan. Ada sumber-sumber yang kredibel, bisa dipercaya yang bercerita tentang itu," kata Presiden menjawab pertanyaan wartawan.

Sebelumnya,  Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, buku "Jokowi Undercover" diduga dibuat tanpa didukung data primer dan sekunder yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Tersangka Bambang tidak memiliki dokumen pendukung sama sekali terkait tuduhan pemalsuan data Bapak Jokowi saat pengajuan sebagai calon presiden di KPU. Tersangka diduga menebar kebencian melalui buku tersebut," kata dia.

menurut Brigjen Rikwanto, tuduhan dan sangkaan yang dimuat pada buku "Jokowi Undercover", semua didasarkan atas sangkaan pribadi tersangka.  "Motif tersangka sebagai penulis hanya didasarkan atas keinginan untuk membuat buku yang menarik perhatian masyarakat," katanya.

KEYWORD :

Jakarta Undercover Presiden Joko Widodo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :