Kamis, 25/04/2024 01:41 WIB

INTERNASIONAL

Boeing 747 Turki Jatuh, 32 Tewas

Jatuhnya Boeing 747 di rumah-rumah penduduk dekat bandara internasional Manas Kyrgyztan itu belum diketahui secara jelas penyebab kejatuhannya.

Turki Boeing 747 yang jatuh di Kyrgyztan

Manas - Sebuah pesawat Boeing 747 yang dioperasikan oleh perusahaan Turki jatuh di sebuah desa dekat bandara Manas, Kyrgyztan pada Senin (16/01) pukul 07.31 waktu setempat (01.31 GMT). Pesawat kargo tersebut sedianya hendak menuju Istambul pada hari Senin yang berangkat dari Hong Kong. Sementara Manas, 25 Km dari ibukota Bishkek, hanya sebagai tempat transit.

Hanya saja, menurut otoritas administrasi di bandara, mengatakan bahwa kabut pesawat yang hendak transit itu mendarat mendadak diantara kabut tebal dan rumah penduduk di sekitar bandara.

Akibat kecelakaan tersebut, sejumlah 15 bangunan di desa tempat jatuhnya pesawat kargo itu rusak berat. Sementara kepala pusat manajemen krisis di kementerian keadaan darurat Kyrgyztan, Mukhammed Svarov, menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 32 orang yang dinyataan tewas. Laporan sebelumnya menyatakan 15 orang tewas. Terdapat enam orang anak yang menjadi korban, termasuk empat pilotnya tewas.

Menurut media setempat, pewasat kargo itu dioperasikan oleh perusahaan Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK6491. Sementara menurut flightradar24 pesawat itu milik MyCargo Airlines, sebuah maskapai penerbangan kargo yang berbasis di Istanbul Turki.

Jatuhnya Boeing 747 di rumah-rumah penduduk dekat bandara internasional Manas Kyrgyztan itu belum diketahui secara jelas penyebab kejatuhannya. Namun, media lokal menyatakan bahwa kecelakaan tersebut akibat rendahnya daya jangkau penglihatan pesawat akibat tebalnya kabut yang menyelimuti
kawasan bandara.[]

KEYWORD :

boeing 747 turki bandara manas kyrgyztan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :