Jum'at, 26/04/2024 06:37 WIB

Tips

Waktu yang Tepat Ganti Oli Mesin

Merawat kendaraan boleh dibilang gampang-gampang susah, terlebih dalam hal perawatan mesin mobil, seperti tune-up atau mengganti oli mesin.

Ganti Oli / Pertamina

Bekasi – Merawat kendaraan boleh dibilang gampang-gampang susah, terlebih dalam hal perawatan mesin mobil, seperti tune-up atau mengganti oli mesin.

Sebagai pemilik kendaraan tentunya Anda tidak ingin mobil kesayangan Anda rusak. Oleh sebab itu beragam cara perawatan mesin pastinya Anda dilakukan, demi mendapatkan kenyamanan berkendara.

Lantas kapan waktu yang tepat mengganti oli mesin?

“Setiap pemilik mobil disarankan untuk mengganti oli mesin secara berkala, minimal sebulan sekali,” ucap Bayu, kepala mekanik bengkel mobil di kawasan Pekayon, Bekasi.

Bayu, menjelaskan mengganti oli mesin harus dilakukan berdasarkan jam kerja mesin. Tapi hal yang selama ini yang sering dilakukan pemilik mobil umumnya mengganti oli kerap memperhatikan jarak tempuh atau kilometer.

“Jumlah kilometer tidak memperhitungkan kondisi mobil ketika sedang macet. Padahal kalau diperhatikan, kilometer tidak bekerja saat di tengah kemacetan, tapi mesin akan terus bekerja,” papar pria 39 tahun ini.

Terkadang jarak yang biasa ditempuh dalam waktu 15-30 menit, jika terjadi kemacetan bisa menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam, tentunya hal ini menyebabkan mesin harus bekerja ekstra tiga kali lipat dari biasanya.

Pada awalnya mengganti oli mesin dilakukan berdasarkan kilometer, karena saat itu lalu lintas belum terlalu padat seperti sekarang. Tapi akibat macet yang sering terjadi, menurut Bayu, sebaiknya dipikirkan kembali untuk menghitung penggantian oli berdasarkan jam kerja mesin.

“Kalau mau dihitung secara rata-rata, sebaiknya mengganti oli mesin setiap 5.000 kilometer. Namun itu kembali lagi kepada si pemilik, pasalnya dia yang paling tahu tentang kondisi mobilnya,” ucap pria murah senyum ini. [yog]

 

KEYWORD :

Ganti Oli Perawatan Mesin Oli Mesin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :