Selasa, 17/10/2017 09:07 WIB

Rata-rata Transaksi Harian di BEI Anjlok di Pekan Pertama 2017

BEI optimistis target rata-rata nilai transaksi harian di BEI bisa menembus Rp 8 triliun

Pekerja melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (3/1/2017). Perdagangan IHSG pertama di awal tahun 2017 ditutup melemah 20,74 poi

Jakarta - Awal tahun 2017 ini, rata-rata transaksi saham harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) cenderung menurun dibandingkan tahun lalu.

Rata-rata nilai transaksi pekan pertama 2017 turun 33,66% menjadi Rp 5,25 triliun dari Rp 7,49 triliun di pekan sebelumnya.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, mengatakan rata-rata nilai transaksi harian di 2016 sekitar Rp 7,49 triliun didongkrak oleh transaksi crossing saham. Nilai transaksi saham harian di BEI diperkirakan akan berangsur naik menjelang akhir Januari.

"Kalau bandingkan 2016, kalau nggak salah per hari ini rata-ratanya Rp 5,25 triliun. Kalau 2016 Rp 7,49 triliun dibantu crossing salah satu emiten. Angka regulernya sebenarnya cuma Rp 6,7 triliun. Jadi ini baru 7 hari, kita tunggu sampai akhir bulan ini mudah-mudahan terjadi kenaikan transaksi," kata Samsul, Rabu (11/1/2017).

Selain itu, sebagian besar investor juga tengah menunggu kebijakan terbaru Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Masih terjadinya gejolak harga komoditas di pekan pertama 2017 juga menjadi faktor turunnya nilai transaksi harian di BEI pada pekan pertama.

Namun, BEI optimistis target rata-rata nilai transaksi harian di BEI bisa menembus Rp 8 triliun. Salah satu upaya yang dilakukan BEI adalah dengan menambah jumlah saham yang bisa dilakukan transaksi margin.

Transaksi margin adalah transaksi pembelian saham (efek) untuk kepentingan investor yang dananya ditanggung sementara oleh perantara pedagang efek (perusahaan sekuritas) alias broker.

TAGS : IHSG Bursa Saham Pasar Modal




TERPOPULER :

TERKINI

Putri Duterte Tepis Tudingan yang Menyebut Ayahnya Paranoid

Kritikus yang menyebut Presiden Rodrigo Duterte "paranoid...

Zidane Sebut Tottenham Lawan Sulit

Pelatih Zinedine Zidane tak mau sesumbar bisa mengalahkan...

Alami Hasil Buruk, Conte Salahkan Jadwal Padat

Hazard, dkk saat ini sedang terpuruk di Liga Inggris deng...

Lionel Messi Nantikan Anak Ketiga

kedua pasangan yang menikah 30 juni 2017 lalu mengunggah ...

Korut Ajak Jangan Bergabung dengan AS

Jangan bergabung dengan Amerika Serikat dalam tindakan mi...

Trump akan Kunjungi Asia, Minta Dukungan Musuhi Korut?

Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald T...