Minggu, 28/05/2017 13:38 WIB

Pengusaha China Akuisisi Raksasa Farmasi Valeant

Menurut Mergemarket, akuisisi pengusaha China di AS mencapai rekornya di tahun 2016 lalu, yang mencapai 51 miliar dollar AS, dibandingkan tahun sebelumnya, 2015, yang hanya mencapai 11,7 miliar dollar AS.

Valeant di bursa saham.(foto:huffington)

Seattle - Yuan Yafei, konglomerat asal China setujui kesepakatan untuk akuisisi unit kanker Valeant Pharmaceutical Internastional di Seattle, AS. Pemilik House of Fraser Department Store di Inggris itu akan membayar sejumlah 820 juta dollas AS, yang merupakan akuisisi bernilai jutaan dollar dari perusahaan AS ke pengusaha China.

Menurut Mergemarket, akuisisi pengusaha China di AS mencapai rekornya di tahun 2016 lalu, yang mencapai 51 miliar dollar AS, dibandingkan tahun sebelumnya, 2015, yang hanya mencapai 11,7 miliar dollar AS.

"China adalah negara yang dalam proses ingin membangun industri yang inovatif sendiri dan cara untuk melakukannya adalah membawa kembali teknologi ke pasar negara sendiri," ucap Jane Hobson, ketua kelompok industri kesehatan global Baker McKenzie, seperti dikutip dari scmp.

Melalui Sanpower, perusahaan milik Yuan Yafei yang berbasis di Nanjing, maka Yafei telah memiliki kontrol atas raksasa farmasi asal Kanada, Valeant, untuk Provenge. Provenge adalah sebuah unit kanker yang memiliki pengobatan kanker prostat dengan sistem autologous cellular immunotheraphy yang pertama. Sistem tersebut telah disetujui oleh FDA, lembaga pengawas obat-obatan di AS.

"Langkah ini akan membawa perusahaan-perusahaan China ke garis terdepan pasar obat-obatan di seluruh dunia secara presisi," mengutip dari pernyataan Sanpower usai mengakuisisi Valeant Farmasi.

Menurut Sanpower, mereka telah melakukan pembicaraan dengan Valeant sejak pertengahan tahun 2016. Rencananya, Sanpower akan memperkenalkan produk obat-obatan Provenge ke China dan pasar-pasar Asia lainnya setelah usainya kesepakatan pada semester pertama tahun ini.

Sanpower adalah kelompok usaha yang didirikan oleh Yuan Yafei yang paling banyak memiliki asset di luar negeri, yang mencakup ritel, keuangan dan perawatan kesehatan. Gebrakan Yafei yang paling mencolok adalah saat mengakuisisi House of Fraser, sebuah toserba modern yang telah memiliki rantai bisnis pada tahun 2014 dengan kepemilikian saham sebesar 89 persen. Yafei juga merupakan penawar tertinggi untuk waralaba McDonald Greater di China pada tahun lalu.[scmp]

TAGS : valeant farmasi yuan yafei konglomerat china

TERKAIT




TERPOPULER :

TERKINI

Buaya Dikasih Minum Bir, Pemuda Ini Diancam Hukumun

Dua pemuda ini diancam hukuman denda setelah memaksa buay...

Ini Beberapa Negara Paling Homophobic di Dunia

Homoseksualitas sepertinya masih menjadi pembahasan yang ...

Tutup Usia, Inilah Sederet Prestasi Gregg Allman

Gregg didiagnosis menderita hepatitis C tahun 1999 dan me...

Berita Heboh Pekan Ini, Dari Bom Hingga Suap BPK

Dalam sepekan ini, Indonesia sedang cukup riuh. Khususnya...

Dua Jet Tempur Inggris Pantau Pesawat Rusia

Dua Jet Typhoon dikerahkan dari RAF Lossiemouth pagi ini ...