Sabtu, 20/04/2024 00:36 WIB

KESEHATAN

Angkat Beban Mampu Sembuhkan Otak, Ini Buktinya

Otak manusia juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan bekerja kembali secara otomatis. Olahraga angkat beban itu akan membantu darah dan oksigen mengalir melalui otak sehingga ia tetap berjalan dengan lancar.

Ilustrasi

Suka olahraga angkat beban? Sekali-kali bermainlah ke gym untuk menyegarkan badan. Bukan saja badan lebih bugar, namun struktur otak juga mengalami perubahan yang lebih baik. Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk otak kita adalah dengan latihan angkat beban.

Otak manusia juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan bekerja kembali secara otomatis. Olahraga angkat beban itu akan membantu darah dan oksigen mengalir melalui otak sehingga ia tetap berjalan dengan lancar.

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk membuktikan manfaat angkat beban bagi otak. Peserta dalam penelitian ini berusia antara 65 sampai 75 tahun dan memiliki lesi(area cedera dalam otak) di daerah materi putih (daerah yang digunakan sebagai penghubung pusat informasi dan analisis) otak mereka. Peserta penelitian kemudian dibagi ke dalam tiga kelompok.

Kelompok peserta pertama melakukan latihan angkat beban satu kali dalam seminggu. Kelompok kedua juga melakukan latihan beban ringan namun mereka melakukannya dua kali seminggu. Sementara kelompok ketiga hanya melakukan olahraga peregangan serta latihan keseimbangan dua kali dalam seminggu.

Penelitian yang berlangsung selama satu tahun penuh itu diakhiri dengan melakukan scan otak, serta tes kemampuan berjalan. Hasil scan dari peserta dalam kelompok tiga menunjukkan lebih banyak lesi (kerusakan) dibandingkan sebelumnya. Kelompok pertama juga menunjukkan hasil yang sama.

Sedangkan peserta dari kelompok dua memiliki hasil scan yang menarik. Kelompok kedua ini adalah kelompok yang melakukan angkat beban dua kali dalam seminggu. Hasil menunjukkan pertumbuhan lesi dari peserta di kelompok ini tidak sebanyak kelompok peserta lainnya. Tidak hanya itu, perempuan dalam kelompok dua juga memiliki keseimbangan yang lebih baik, serta kecepatan berjalan lebih cepat dari dua kelompok lainnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya kerusakan di otak memang tidak dapat dihindari sepenuhnya namun, angkat beban setidaknya dapat membantu memperlambat terjadinya kerusakan tersebut. Jadi angkat beban bermanfaat bagi tubuh dan otak Anda.[]

KEYWORD :

angkat beban pemulihan otak struktur otak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :