Senin, 16/01/2017 17:41 WIB

Internasional

Jet Tempur Taiwan Awasi Armada Laut China

Chen menambahkan, pesawat dan kapal laut militer Taiwan telah ditugaskan untuk mengikuti armada China yang bergerak di bagian barat garis median selat.

Milter Taiwan

Taiwan - Ketegangan antara militer China dan Taiwan terjadi di laut perbatasan kedua negara tersebut. Taiwan terpaksa mengerahkan jet tempur dan kapal perangnya, ketika mendeteksi adanya armada laut China mendekati Selat Taiwan.

Kapal induk Liaoning milik China yang kembali dari latihan di Laut China Selatan tidak melanggar kawasan perairan teritorial Taiwan. Namun, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, armada itu memasuki zona identifikasi pertahanan udaranya.

"Kami sudah memegang penuh pergerakannya," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Taiwan Chen Chung-chi, sebagaimana dikutip Reuters.

Chen menambahkan, pesawat dan kapal laut militer Taiwan telah ditugaskan untuk mengikuti armada China yang bergerak di bagian barat garis median selat.

Latihan militer China tersebut sontak menegangkan tetangga-tetangga Beijing, terutama Taiwan, yang dianggap sebagai provinsi pembangkang. Terlebih, sengketa wilayah di Laut China Selatan masih terus berlangsung dan tak kunjung terselesaikan.

Dilansir cnn, China mengklaim sebagian besar perairan yang kaya energi itu, di mana perdagangan kapal senilai $5 triliun melintas setiap tahun. Kawasan itu juga diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam.

Beijing terus menekan Taipei menyusul ucapan selamat melalui sambungan telepon dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen untuk Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump, bulan lalu. China curiga Tsai ingin mendorong kemerdekaan formal negaranya dengan mendekati negeri Paman Sam.

TAGS : Krisis Laut China




BACA JUGA :

TERPOPULER

Bentrok FPI vs GMBI Meluas

Bentrokan antar massa pendukung Front Pembela Islam (FPI)...

PKB Jateng Tolak Pabrik Semen Rembang

Menurut Benny, saat ini izin pendirian pabrik di Rembang ...

Hadi Utomo Bawa SBY jadi Presiden Dua Periode

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo sebagai kade...

Tangkap PSK Maroko, Katanya Tak Suka "Layani" Pribumi

Mereka menutupi wajahnya dengan kain, baju dan jaket. Bah...