Rabu, 24/04/2024 10:55 WIB

Ingin Sembuh dari Insomnia, Berani Matikan Handphone?

Salah satu cara untuk sembuh dari insomnia adalah mematikan telephone genggam.

Ilustrasi kecanduan ponsel (foto: Jurnas)

Jakarta - Saat lelah karena aktivitas padat keseharian, tentu nikmat sekali bisa istirahat dan tidur. Namun, saat tubuh lelah dan tetap tidak bisa tidur, tentu akan menjadi persoalan tersendiri. Padahal, dengan tidur akan mengembalikan kebugaran tubuh.

Tidur, tentu saja, kebutuhan penting bagi tubuh. Kekurangan tidur, ataupun kurang mendapatkan tidur yang berkualitas, akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Seseoarang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomer 1 didunia. Dan penyakit yang diderita oleh orang-orang yang susah untuk tidur diistilahkan insomnia.

Insomnia didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk tidur dan dapat dianggap sebagai gangguan tidur. Pengobatan Insomnia bervariasi dalam prosedur. Namun, ada beberapa metode alami mengobati gangguan tidur ini. Namun terdapat cara sederhana untuk mengobati penyakit tersebut, sebagaimana dikutip Cure Joy, sebagai berikut:

Buat diri Anda nyaman
Ketika Anda ingin menyingkirkan Insomnia, Anda harus nyaman di tempat tidur Anda. Jika Anda tidak menemukan tempat tidur yang nyaman dan menyenangkan, Anda tidak akan dapat tidur dengan nyenyak, sehingga hal yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat diri Anda nyaman di tempat tidur.

Ikuti jadwal
Cobalah untuk membuat jadwal tidur Anda, sehingga waktu tidur Anda akan teratur. Karena tidak teraturnya waktu tidur merupakan salah satu hal yang membuat seseorang mengalami insomnia.

Coba camilan sebelum tidur
Umumnya ketika Anda mencoba untuk tidur, Anda dapat tidur dengan perut lapar. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan beberapa makanan ringan guna mengisi kekosongan perut Anda.

Buatlah catatan
Terkadang Anda susah tidur karena merasa bingung mengenai sesuatu hal dalam pikiran Anda. Jika hal itu terjadi, maka Anda dapat menuliskan hal tersebut, sehingga Anda akan merasa legah setelah menuliskannya dalam sebuah catatan. Dan membukannya pada esok harinya.

Cobalah bermeditasi
Meditasi dapat menenangkan pikiran Anda dan juga membantu Anda untuk tetap rilex . Hal ini akan membantu Anda ketika sulit untuk tidur karena merasa gelisah. Dengan melakukan meditasi sebelum tidur akan membuat Anda menghilangkan kegelisahan tersebut dan membuat Anda tidur nyenyak dengan pikiran yang damai.

Matikan telepon Anda
Ketika Anda ingin tertidur pulas, maka sebelum tidur Anda harus mematikan telepon agar Anda tidak memainkannya kembali. Terkadang Anda susah untuk tertidur karena hasrat untuk terus memainkan handphone baik itu melakukan chattingan, main game, dll. Hal ini diperlukan karena ketika ingin tidur, maka fokuslah dengan tidur Anda tanpa melakukan aktivitas lainnya.

Mengkonsumsi sedikit herbal
Cobalah untuk mengkonsumsi obat herbal jika penyakit insomnia Anda sudah terlalu parah, karena herbal akan dapat membantu Anda mengobati penyakit tersebut. Namun hindari menggunakan obat-obatan yang berlebihan, karena dapat mengganggu kesehatan Anda.

KEYWORD :

Insomnia Tips Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :