Selasa, 12/12/2017 21:20 WIB

Internasional

PBB Butuh Dana Darurat untuk Pengungsi Suriah

UNRWA mengatakan puluhan ribu warga Palestina yang melarikan diri ke Lebanon dan Yordania juga membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Pengungsi Aleppo

Beirut - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina,  membutuhkan 411 juta dolar AS atau setara Rp5,47 trliun dana darurat untuk membantu hampir setengah juta warga Palestina yang terkena dampak perang di Suriah.

United Nations Relief and Works Agency (UNRWA) menyatakan, hampir sekitar 450.000 pengungsi Palestina yang masih berada di dalam wilayah Suriah sedang berusaha bertahan hidup. UNRWA mengatakan 43.000 warga Palestina di Suriah berada di area-area yang sulit dijangkau atau daerah yang terkepung oleh peperangan, termasuk kamp Yarmouk di Damaskus.

"Jelas melanggar hukum kemanusiaan internasional menolak orang-orang yang tak berdaya, akibat pengungsian, konflik atau perang, bantuan kemanusiaan," kata kepala badan PBB itu di Suriah Matthias Schmale kepada AFP.

UNRWA mengatakan puluhan ribu warga Palestina yang melarikan diri ke Lebanon dan Yordania juga membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. "Sejumlah pengungsi Palestina yang tidak minta bantuan dana UNRWA sebelumnya sekarang meminta bantuan kami untuk memenuhi kebutuhan paling dasar," kata hakam Shahwan, direktur ad-interim lembaga itu di Lebanon.

Dikatakan Shahwan,  sekitar 31.800 warga Palestina yang mengungsi dari Suriah ada dalam arus sekitar satu juta warga Suriah yang mengungsi ke Lebanon sejak konflik Suriah meletus enam tahun lalu. "Itu menambah kebutuhan dukungan yang harus kami sediakan untuk pengungsi Palestina," katanya.

TAGS : Krisis Suriah PBB




TERPOPULER :