Selasa, 12/12/2017 22:56 WIB

Mobil

Mengintip Performa Honda Jazz Turbo

Setelah hadir pada sedan jagoannya, Honda Civic, kini salah satu model Honda lainnya yang akan mengadopsi mesin turbo kabarnya adalah Honda Jazz. Seperti apa performanya?

All New Honda Jazz / HPM

Paris – Produsen mobil Honda saat ini sedang rajin-rajinya melahirkan model bermesin turbo. Model-model tersebut diklaim mempunyai tenaga besar dan sangat ramah lingkungan.

Setelah hadir pada sedan jagoannya, Honda Civic, kini salah satu model Honda lainnya yang akan mengadopsi mesin turbo kabarnya adalah Honda Jazz.

Spesifikasi mesin turbo yang dikembangkan Honda untuk jajaran mobil kompaknya, yaitu dengan kapasitas 1.0 liter. Mesin ini merupakan mesin terkecil dari tiga mesin VTEC Turbo yang pernah digarap raksasa otomotif asal Jepang itu.

Honda Civic hatchback versi Eropa sekarang menjadi satu-satunya model yang menggunakan mesin turbo 1.0 liter. Namun dalam waktu dekat ini rumornya Jazz juga bakal menggendong mesin yang sama.

Bicara performanya, mesin 1.0 liter turbocharged ini menurut Honda, mampu menyemburkan tenaga sebesar 129 PS dan torsi 200 Nm (147 lb-ft). Dengan begitu, hatchback ini bakal makin gahar ketimbang model yang masih mengusung mesin lawas, demikian seperti diungkapkan bos Honda Inggris, Phil Webb, kepada majalah AutoExpress beberapa waktu lalu.

Memang tak semua penggemar Jazz mendambakan performa tinggi pada hatchback kondang ini, terutama kaum Hawa. Namun cepat atau lambat, Honda harus berubah seiring dengan semakin ketatnya regulasi soal emisi di Benua Biru.

Di masa mendatang diprediksi akan semakin banyak model Honda lainnya yang akan menggunakan mesin 1.0 liter turbocharged, salah satunya gosipnya adalah Honda HR-V.

Di Indonesia sendiri Honda Jazz banyak digandrung kaum muda-mudi, berkat tampilannya yang kekinian serta penggunaan mesin berperforma ciamik. Tapi apakah model turbo anyar ini bakal mampir ke pasar Tanah Air? Kita tunggu saja informasi resmi dari Honda. [yog]

 

TAGS : Honda HPM Daftar Harga Mobil Honda




TERPOPULER :