Rabu, 24/04/2024 11:07 WIB

Ini Lima Orang Pengumpul Uang Terbanyak dari Youtube

Apa yang menyebabkan Youtube yang berbasis tayangan video suka rela bisa mendatangkan begitu banyak uang buat para pengunggahnya.

Pew Die Pie, salah satu sosok yang mengumpulkan uang terbanyak dari Youtube

Jakarta - Telah lebih dari 10 tahun sejak Youtube pertama kali tayang di tahun 2005 lalu. Selama itu pula Youtube telah berkembang dari hanya tempat berbagi tayangan video sampai saat ini menjadi salah satu dari platform media sosial yang paling menguntungkan secara bisnis bagi penggunanya. Apa yang menyebabkan Youtube yang berbasis tayangan video suka rela bisa mendatangkan begitu banyak uang buat para pengunggahnya. Rahasianya adalah pemasaran yang efektif dan kedekatan dengan pengunjung video.

Berikut ini adalah 5 pengumpul uang terbanyak dari Youtube pada tahun 2016 lalu, beberapa orang yang paling top adalah pengunggah video dengan sentuhan komedi, prankster (mengerjai orang), aktivis LGBT, pameran multitalen, chef yang unik, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa orang di antara mereka menurut daftar yang dikeluarkan oleh Forbes. Siapa Saja Mereka?

1. Pew Die Pie, 15 juta dollar dengan 49.756.391 subscriber

Nama aslinya adalah Felix Arvid Ulf Kjellberg, 27 tahun, sempat gagal menjadi programer dalam kompetisi industrial 5 tahun yang lalu. Sejak itu fokus pada kesenangannya bermain games dan membagi kesenangannya di Youtube. Orang tuanya sempat kecewa melihat pilihan anak mereka dan memutuskan tidak lagi menyokongnya karena Felix meninggalkan kuliahnya di CHalmers University of Technolovy hanya untuk bermain games. Felix sempat menjadi penjaga stand hot dog, tetapi keinginannya untuk bermain games dan berbagi di Youtube ternyata membawanya ke tingkat yang tidak pernah dia bayangkan. Tahun ini berarti untuk kedua kalinya Felix menjadi pengumpul uang terbanyak dari tayangan video di Youtube.

Apa rahasia Felix hingga bisa begitu populer? Yang pertama tentu kecerdasan dia untuk tahu apa yang sedang dia lakukan. Yang kedua, dia tidak palsu. Yang ketiga dia sangat hangat dengan para pengunjungnya dan subscribernya dan tidak sungkan-sungkan untuk melibatkan mereka dalam aksinya entah melalui komen, forum atau berbagi klip video.Yang keempat dia berani beda walaupun aneh tetapi ternyata disukai orang banyak. Yang kelima dia tahu bagaimana game developer bekerja, dan dia membuat chanel populernya menjadi media marketing yang efektif.


2. Roman Atwood, 8 juta dollar dengan 10.152.692 subsriber

Orang ternyata suka melihat orang lain dikerjai. Prank atau trolling adalah salah satu unsur yang sangat disukai oleh penonton tayangan video. Beberapa tayangan mengerjai orang yang dilakukan Atwood bahkan bisa sampai pada tahap membahayakan. Seperti berpura-pura pernah membunuh seseorang  sehingga orang lain percaya.

3. Lily Singh, 7.5 juta dollar dengan 10.296.350 subscriber

Tadinya Lily hanya ingin membuat video untuk membantu dirinya menghilangkan depresi yang sedang dia rasakan. Ternyata orang suka dengan cara Lily mengekspresikan keadaannya dengan gaya kocak penuh sentuhan humor yang mengolok-olok dirinya sendiri. Sejak mulai ber-video di tahun 2010 channelnya telah ditonton 1,3 miliar dan yang paling disukai adalah saat Lily menirukan gaya orang tuanya yang seringkali membuat dia depresi.

Lily memutuskan tidak melanjutkan kuliahnya untuk menjadi Master dalam jurusan Psikologi dan berkeinginan untuk melanjutkan gaya konsultasi di Youtube yang selama ini dia lakukan.

4. SMOSH, 7 juta dollar dengan 22.473.520 subsrciber

SMOSH adalah nama sebutan bagi kelompok yang terdiri dari dua orang komedian yakni Ian Andrew Hecox dan Daniel Anthony Padilla, 29 tahun. Mereka adalah artis sketsa komedi, seperti Extravaganza di Indonesia, komedi dengan arahan konsep, yang berteman sejak kecil. Mereka sudah ada di Youtube sejak Youtube berdiri di tahun 2005.

5. Tyler Oaklely 6 juta dollar dengan 8.087.829 subscriber

Tyler adalah aktivis bagi kesetaraan hak LGBT dan punya kemampuan melakukan wawancara dengan orang-orang terkenal untuk membicarakan berbagai topik yang populer. Tyler naik menjadi pengumpul uang terbanyak dari Youtube setelah menandatangani kerjasama dengan selebriti pembawa acara di televisi yang sudah terkenal yakni Ellen DeGeneres, untuk membuat acara talkshow bagi dirinya sendiri yang tayang secara digital.

Banyak orang terkenal dari mulai selebriti, model, bintang porno, hingga wawancara dengan Hillary Clinton dan Michelle Obama

KEYWORD :

Pengumpul uang Youtube




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :