Kamis, 25/04/2024 07:21 WIB

Siap-Siap, 2022 Ada Nova di Langit Malam

Lima tahun lagi ilmuwan astronomi memperkirakan akan ada peristiwa unik di langit malam, yakni bintang meledak.

Fenomena Nova (foto: pinterest)

JAKARTA - Bagi kamu pecinta fenomena langit, ada baiknya mulai hari ini kamu tandai kalender di rumahmu untuk menyaksikan pemandangan indah di tahun 2022. Ya, lima tahun lagi ilmuwan astronomi memperkirakan akan ada peristiwa unik di langit malam, yakni bintang meledak.

Dua buah bintang (bintang biner) yang berjarak 1.800 tahun cahaya –kurang lebih 17 juta triliun kilometer- menampakkan gerakan akan bergabung atau menyatu, sehingga menghasilkan ledakan atau nova berwarna merah.

Ledakan dua bintang biner atau disebut Nova terjadi manakala bintang mati yang membentuk katai putih menarik hidrogen yang cukup besar dari pasangannya. Perlu diketahui, katai putih sangat panas. Oleh karena itu, ketika hidrogen tertarik ke dalamnya, maka ledakan besar akan terjadi, dikutip dari Newsy.

Saat ini, kedua bintang tersebut masih terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang. Namun, ketika nanti terjadi penggabungan, maka sebuah bintang baru akan terlihat di langit. Belum dijelaskan juga apakah fenomena nova ini dapat dilihat dengan mata telanjang atau harus menggunakan teleskop.

KEYWORD :

Nova Bintang Meledak Astronomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :