Sabtu, 20/04/2024 19:57 WIB

Puluhan Sapi Mati Misterius di Kupang

Amfoang Timur merupakan daerah penghasil ternak terbesar untuk Kabupaten Kupang, namun tidak memiliki tenaga dokter hewan yang bertugas di daerah ini.

Sapi mati

Kupang –Puluhan sapi milik peternak di Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mati secara misterius. Peternak pun gigit jari karena mengalami kerugian ratusan juta.

"Sudah 40-an ekor sapi milik masyarakat di Kecamatan Amfoang Timur, mati tanpa diketahui penyebabnya, sehingga menimbulkan keresahan para peternak," kata anggota DPRD Kabupaten Kupang, Ferdinandus Lafu Daos di Kupang, Sabtu (7/1).

Kasus matinya puluhan ekor sapi itu berlangsung sejak bulan November hingga awal Desember 2016 lalu. Ferdinandus mengetahui hal itu saat menjalani reses ke daearah itu, akhir tahun kemarin.

"Matinya puluhan ekor ternak sapi itu terjadi secara misterius. Ada sapi milik warga ditemukan sudah dalam keadaan mati di padang serta hutan di kawasan pegunungan Amfoang Timur. Belum diketahui secara persis penyakit apa yang menyerang ternak sapi milik warga Amfoang Timur ini," jelasnya seperti dilansir Antara.

Peternak Sapi di Amfoang Timur yang berbatasan langsung dengan daerah Oecusse, Timor Leste ini mengalami kerugian hingga ratusan juta akibat matinya puluhan ekor sapi itu. "Ada peternak yang mengalami kerugian hingga Rp20 juta karena sapi yang mati sebanyak tiga ekor sekaligus,"ujarnya.

Menurut dia, Kecamatan Amfoang Timur merupakan daerah penghasil ternak terbesar untuk Kabupaten Kupang, namun tidak memiliki tenaga dokter hewan yang bertugas di daerah ini. Karena itu, ia mengharapkan pemerintah Kabupaten Kupang menempatkan petugas kesehatan hewan di daerah ini untuk menangani penyakit hewan agar tidak meluas seperti terjadi saat ini.

KEYWORD :

Sapi mati peternak sapi Amfoang Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :