Kamis, 25/04/2024 06:19 WIB

Industri

2017, Bisnis Asuransi Kendaraan Bakal Terus Tumbuh

Seiring adanya optimisme dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Adira Insurance juga berkeyakinan bahwa bisnis asuransi kendaraan bermotor berpeluang tumbuh sepanjang tahun ini.

Mobil Derek Autocillin / Adira

Jakarta – Seiring adanya optimisme dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menargetkan peningkatan penjualan mobil nasional sebesar 4,7 persen menjadi 1,1 juta unit mobil di tahun 2017.

Asuransi Adira Dinamika atau Adira Insurance, berkeyakinan bahwa bisnis asuransi kendaraan bermotor berpeluang tumbuh sepanjang tahun ini. Pada 2016 lalu, penjualan mobil nasional mencapai sekitar 1,05 juta unit mobil, di mana perekonomian nasional tahun lalu tumbuh sekitar 5,1%.

Rian Ardianto, Underwriting Motor Vehicle Department Head Adira Insurance, menyatakan, pertumbuhan bisnis asuransi kendaraan bermotor saat ini banyak ditopang oleh kendaraan roda empat.

“Jika kami lihat prediksi Gaikindo dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), serta performa bisnis di 2016 lalu, kami optimistis bisnis asuransi kendaraan bermotor akan terus tumbuh. Pertumbuhan tersebut juga tidak terlepas dari penjualan kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) yang cukup menggembirakan,” ujarnya.

Terlebih adanya ekspektasi yang tinggi dari pelaku industri asuransi terkait rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan melakukan penyesuaian tarif premi asuransi kendaraan bermotor di 2017. Dan kebijakan ini dipercaya akan berdampak positif bagi pertumbuhan asuransi.

“Kami mencoba memanfaatkan peluang ini dengan memberikan kemudahan saat proses akuisisi dan juga klaim, serta memanfaatkan jalur digital untuk mempercepat dan menyederhanakan proses,” kata Rian, di Jakarta, Kamis (5/1).

Saat ini, Adira Insurance memiliki beberapa penjualan produk asuransi kendaraan bermotornya yang dapat diperoleh secara online. Produk Adira Insurance, yakni Autocillin (asuransi kendaraan roda empat) dan Motopro (asuransi kendaraan roda dua).

Untuk produk Autocillin, Adira menawarkan dua jenis jaminan utama, yaitu komprehensif dan total loss only (kerugian atau kerusakan total). Autocillin juga menjamin ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga dan jaminan terhadap kematian atau cedera badan yang mengkibatkan cacat tetap, termasuk jaminan jika terjadi angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, huru hara, dan kerusuhan.

Sedangkan Motopro, pelanggan akan diberikan penggantian atas kerugian atau kerusakan total akibat kebakaran, pencurian, dan kecelakaan. Motopro juga memberikan jaminan santunan kecelakaan bagi pengemudi yang menyebabkan kematian atau cacat tetap serta penggantian biaya pengobatan bagi pengemudi akibat kecelakaan. [yog]

 

KEYWORD :

Asuransi Kendaraan Asuransi Mobil Asuransi Motor Adira




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :