Selasa, 22/08/2017 19:48 WIB

Ternyata Ini Fotografer Pertama yang Memotret Permukaan Bulan (I)

Berkat jasa pamannya yang tinggal di California, pada 1932 Pickering berhasil menyelesaikan studi sarjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi California.

Illustrasi (foto: stuff)

CALIFORNIA - Namanya Pickering, nama lengkapnya William Hayward Pickering. Ilmuwan sains ini hidup sepanjang 1910 hingga 2004 silam. Meskipun sudah tiada, jasa Pickering terhadap dunia astronomi ternyata cukup besar.

Lahir di Wellington, Pickering kecil hidup bersama kakek-neneknya di Havelock, Marlborough, setelah kematian ibunya. Dalam biografi Pickering, diketahui ayahnya adalah seorang apoteker yang meninggalkan Selandia Baru menuju sebuah daerah tropis. Namun, karena lingkungan yang tidak baik, Pickering dikirim ke Wellington College pada usia 13 tahun.

Di sinilah Pickering memperoleh ilmu astronominya dari seorang guru matematika. Berkat jasa pamannya yang tinggal di California, pada 1932 Pickering berhasil menyelesaikan studi sarjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi California (Caltech). Dikutip dari Stuff, tiga tahun sebelumnya Pickering bahkan terlibat dalam sebuah percobaan roket yang dilakukan untuk pertama kali di kampusnya. Pickering diikutsertakan karena kelihaiannya dalam bidang telemetri (radio kontrol jarak jauh).

Selama Perang Dunia II, Pickering terlibat dalam penelitian Jet Propolsion Laboratory (JPL), dan karirnya mencapai puncak kala berhasil menduduki kursi direktur pada 1954, atas prestasinya yang gemilang. (bersambung)

TAGS : Astronot Bulan Astronomi




TERPOPULER :

TERKINI

Karpet Merah Sambut Partai Komunis Vietnam

Karpet merah digelar di Gedung Nusantara III DPR dan Gedu...

MPR Harapkan Kunjungan Partai Komunis Vietnam Tingkatkan Hubungan Bilateral

Sekretaris Jenderal Partai komunis Vietnam, Nguyen Phu Tr...

Kementerian Kesehatan Saudi Sepakat Perangi Rokok

Arab Saudi menandatangani kesepakatan dengan Al-Kaws Deve...

Anggaran Pertahanan Kecil, Sebuah Anomali Bagi Poros Maritim Dunia

Connie menyayangkan alokasi anggaran bidang pertahanan ta...

DPR: Pemerintah Tepat Minta MK Tolak Uji Materi Pegawai KPK

Sikap pemerintah yang meminta Mahkamah Konstitusi (MK) me...

Hidayat Nur Wahid : Mengenyam Pendidikan Adalah Hak Asasi Manusia.

Bangsa Indonesia digagas dan didirikan oleh para terpelaj...