Selasa, 17/10/2017 08:54 WIB

Ternyata Ini Fotografer Pertama yang Memotret Permukaan Bulan (I)

Berkat jasa pamannya yang tinggal di California, pada 1932 Pickering berhasil menyelesaikan studi sarjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi California.

Illustrasi (foto: stuff)

CALIFORNIA - Namanya Pickering, nama lengkapnya William Hayward Pickering. Ilmuwan sains ini hidup sepanjang 1910 hingga 2004 silam. Meskipun sudah tiada, jasa Pickering terhadap dunia astronomi ternyata cukup besar.

Lahir di Wellington, Pickering kecil hidup bersama kakek-neneknya di Havelock, Marlborough, setelah kematian ibunya. Dalam biografi Pickering, diketahui ayahnya adalah seorang apoteker yang meninggalkan Selandia Baru menuju sebuah daerah tropis. Namun, karena lingkungan yang tidak baik, Pickering dikirim ke Wellington College pada usia 13 tahun.

Di sinilah Pickering memperoleh ilmu astronominya dari seorang guru matematika. Berkat jasa pamannya yang tinggal di California, pada 1932 Pickering berhasil menyelesaikan studi sarjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi California (Caltech). Dikutip dari Stuff, tiga tahun sebelumnya Pickering bahkan terlibat dalam sebuah percobaan roket yang dilakukan untuk pertama kali di kampusnya. Pickering diikutsertakan karena kelihaiannya dalam bidang telemetri (radio kontrol jarak jauh).

Selama Perang Dunia II, Pickering terlibat dalam penelitian Jet Propolsion Laboratory (JPL), dan karirnya mencapai puncak kala berhasil menduduki kursi direktur pada 1954, atas prestasinya yang gemilang. (bersambung)

TAGS : Astronot Bulan Astronomi




TERPOPULER :

TERKINI

Putri Duterte Tepis Tudingan yang Menyebut Ayahnya Paranoid

Kritikus yang menyebut Presiden Rodrigo Duterte "paranoid...

Zidane Sebut Tottenham Lawan Sulit

Pelatih Zinedine Zidane tak mau sesumbar bisa mengalahkan...

Alami Hasil Buruk, Conte Salahkan Jadwal Padat

Hazard, dkk saat ini sedang terpuruk di Liga Inggris deng...

Lionel Messi Nantikan Anak Ketiga

kedua pasangan yang menikah 30 juni 2017 lalu mengunggah ...

Korut Ajak Jangan Bergabung dengan AS

Jangan bergabung dengan Amerika Serikat dalam tindakan mi...

Trump akan Kunjungi Asia, Minta Dukungan Musuhi Korut?

Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald T...