Selasa, 25/04/2017 23:25 WIB

Ternyata Ini Fotografer Pertama yang Memotret Permukaan Bulan (I)

Berkat jasa pamannya yang tinggal di California, pada 1932 Pickering berhasil menyelesaikan studi sarjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi California.

Illustrasi (foto: stuff)

CALIFORNIA - Namanya Pickering, nama lengkapnya William Hayward Pickering. Ilmuwan sains ini hidup sepanjang 1910 hingga 2004 silam. Meskipun sudah tiada, jasa Pickering terhadap dunia astronomi ternyata cukup besar.

Lahir di Wellington, Pickering kecil hidup bersama kakek-neneknya di Havelock, Marlborough, setelah kematian ibunya. Dalam biografi Pickering, diketahui ayahnya adalah seorang apoteker yang meninggalkan Selandia Baru menuju sebuah daerah tropis. Namun, karena lingkungan yang tidak baik, Pickering dikirim ke Wellington College pada usia 13 tahun.

Di sinilah Pickering memperoleh ilmu astronominya dari seorang guru matematika. Berkat jasa pamannya yang tinggal di California, pada 1932 Pickering berhasil menyelesaikan studi sarjana di bidang teknik listrik dari Institut Teknologi California (Caltech). Dikutip dari Stuff, tiga tahun sebelumnya Pickering bahkan terlibat dalam sebuah percobaan roket yang dilakukan untuk pertama kali di kampusnya. Pickering diikutsertakan karena kelihaiannya dalam bidang telemetri (radio kontrol jarak jauh).

Selama Perang Dunia II, Pickering terlibat dalam penelitian Jet Propolsion Laboratory (JPL), dan karirnya mencapai puncak kala berhasil menduduki kursi direktur pada 1954, atas prestasinya yang gemilang. (bersambung)

TAGS : Astronot Bulan Astronomi




TERPOPULER :

TERKINI

Lagi, Bale Menepi Empat Pekan

Cedera kali membuatnya absen hingga enam pekan selama Apr...

KPK Bidik Bos Gajah Tunggal Tbk Sjamsul Nursalim

Dalam kasus itu, BDNI milik Sjamsul Nursalim mendapat SKL...

Kecewa Wasit, Toure Ingin Derby Manchester Tanpa Wasit

Menyusul kekalahan Manchester City kontra Arsenal di Pial...

Program Pembangkit Listrik 35.000MW Jalan Terus

perkiraan capaian 19.000-20.000 MW pada 2019 disesuaikan ...

Menaker Ingin Perayaan May Day Punya Daya Tarik Wisata

Menaker merasa heran karena meski jumlah keikutsertaan bu...

Sky Train Bandara Soetta Datang Pertengahan Mei

Menjelang Lebaran, jalur antara Terminal 2 dan 3 sudah bi...