Selasa, 22/08/2017 12:14 WIB

Pertamina-NU Kerjasama Perkuat Jaringan Distribusi BBM

Lingkup potensi kerja sama untuk nota kesepahaman yang berlaku selama lima tahun ini meliputi pengembangan usaha niaga, investasi, dan pembangunan pada sektor migas; pengembangan, investasi dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi.

BBM langka

Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan Nahdlatul Ulama (NU) menjalin kerja sama pengembangan ekonomi umat berbasis energi dengan salah satu tujuan memperkuat jaringan distribusi bahan bakar minyak (BBM) ke seluruh Nusantara.  Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto dan Ketua Umum Pengurus Besar NU Said Aqil Siroj di Kantor Pengurus Besar NU (PBNU).

"Kebijakan pemerintah adalah bagaimana BBM satu harga untuk nusantara, tentu kaitannya perlu jaringan distribusi yang kuat. NU berada di seluruh nusanatara menjadi kekuatan `networking` kerja sama dengan Pertamina untuk mermperkuat jaringan distribusi," kata Dwi di Jakarta, Rabu (4/1).

NU sebagai organisasi yang didukung oleh masyarakat mencapai 40 juta jiwa dari berbagai lapis kalangan ini dinilai berpengaruh dalam konteks sosial maupun ekonomi. Dengan posisi tersebut, Pertamina sebagai BUMN energi Indonesia tergerak untuk bekerja sama dalam melakukan optimalisasi pengembangan, pemanfaatan, dan konservasi energi.

Ada pun lingkup potensi kerja sama untuk nota kesepahaman yang berlaku selama lima tahun ini meliputi pengembangan usaha niaga, investasi, dan pembangunan pada sektor migas; pengembangan, investasi dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi. Selain itu, kerja sama juga meliputi pengabdian masyarakat yang diorientasikan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, lingkungan dan kemaslahatan umat.

Menurut Dwi, seperti dilansir Antara, kerja sama ini dapat mempercepat kebijakan BBM satu harga di seluruh wilayah Indonesia. "Kecepatan bagaimana orang membeli dengan harga yang sama, dengan membuka agen menjadi kunci. Kalau nunggu (BBM) dari Pertamina pasti lama, kalau swasta terlibat dalam pembukaan agen bisa meningkatkan distribusi," ujarnya.

Ketua Umum PBNU Said Aqil menyambut baik kerja sama ini karena dapat memeratakan kesejahteraan masyarakat. "Prinsip NU, konglomerat harus ada pemerataan, tidak hanya pertumbuhan tetapi juga pemerataan. Kerja sama ini sudah sangat tepat," kata Said.

TAGS : NU Pertamina Distribusi BBM




TERPOPULER :

TERKINI

Jokowi Dapat Gelar Pahlawan Utang Terbesar Indonesia

Presiden Jokowi dinilai layak untuk mendapat gelar sebaga...

Misteri Barang Sitaan, Pansus Angket KPK Minta BPK Audit

Barang sitaan atau rampasan dari para koruptor yang dilak...

Benarkah KPK Tak Lapor Hasil Sitaan dari Koruptor?

Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meng...

Kado Tak Terlupakan Exo Lay Buat NCT Dream

NCT Dream mengungkapkan bahwa EXO Lay memberi mereka hadi...

Pemerintah Ukrania Bongkar 1,320 Patung Lenin

Pemerintah Ukrania memindahkan sekitar 1,320 Patung Lenin...

Ini Alasan YG Tidak Berikan Dara Album Solo

Dalam sebuah episode terbaru All Broadcasting in the Worl...